Friday, November 15, 2019
Home News Market Update IDC: Top 5 Vendor Smartphone di Eropa Q1 2019

IDC: Top 5 Vendor Smartphone di Eropa Q1 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Menurut laporan IDC terbaru, penjualan smartphone di Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA) mencapai 83,7 juta unit selama kuartal pertama tahun ini.

Jumlah itu menurun 3,3% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dalam hal nilai total, penurunan bahkan lebih besar dengan perkiraan nilai ritel sebelum pajak USD26,8 juta, atau turun 10% dari Q1 2018.

Huawei mengalami pertumbuhan terbesar di wilayah ini dengan peningkatan pengiriman 66,1% YoY, diikuti Xiaomi dengan 33,3%.

Sementara pengiriman merek utama lainnya malah menurun: HMD anjlok 32,6% dan Apple kehilangan 22,73%.

Samsung tetap menjadi pemimpin dalam hal pangsa pasar dengan 29,5% diikuti Huawei (25,4%) dan Apple (14,7%).

Hasil Apple ini adalah yang terendah dalam lima tahun dan tanpa model iPhone baru yang diprediksi hadir pada Q3, figur angka ini mungkin akan sama di kuartal berikutnya.

“Pengiriman melambat karena konsumen bertahan lebih lama pada perangkat yang mereka miliki, Apple kian tertantang dengan perangkat terbarunya, dan produsen Cina terus melangkah di setiap kuartal,” Marta Pinto (IDC).

Lebih rinci, Timur Tengah mengalami penurunan terbesar dengan pengiriman menurun 18,8% YoY. Di sisi lain spektrum, Afrika sebenarnya tumbuh sebesar 6%. Dan Eropa secara keseluruhan tidak ada perubahan.

Ke depan, IDC memperkirakan lebih banyak ketidakpastian untuk penjualan smartphone karena ketegangan geopolitik dan konsumen yang lebih memilih memegang perangkat mereka untuk periode yang lebih lama.

Latest