Saturday, December 14, 2019
Home Tips Cara Instal Aplikasi Yang Tidak Ada di Play Store

Cara Instal Aplikasi Yang Tidak Ada di Play Store

-

Jakarta, Selular.ID – Pengguna Android mungkin pernah mengalami hal ini: ingin menginstal sebuah aplikasi tapi tidak ketemu di Play Store. Solusinya, gunakan sumber pihak ketiga.

Layaknya sistem zonasi pada pendaftaran sekolah tahun ajaran 2019 di Indonesia, Google sudah menerapkannya untuk pengguma Android sejak dulu kala. Jadi etalase toko aplikasi di handphone disesuaikan dengan lokasi pengguna. Maka dari itu, sejumlah aplikasi yang sudah resmi meluncur di belahan dunia lain tidak bisa Anda temukan di layar smartphone Anda.

Lalu bagaimana caranya jika Anda ingin menginstal aplikasi tersebut? Nah, tidak seperti iOS, Android memberi opsi untuk menginstal aplikasi dari tempat lain.

Kali ini, Selular.ID ingin memberi tips bagi Anda yang mencari aplikasi yang tidak tersedia di negara Anda. Atau mungkin Anda ingin mencoba pembaruan yang baru diumumkan ke aplikasi yang belum diluncurkan kepada Anda. Anda bahkan mungkin ingin menemukan versi aplikasi yang lebih lama, jika pembaruan terbaru terbukti bermasalah.

Tetapi pertama-tama, ada peringatan singkat bagi Anda: sebaiknya gunakan sumber pihak ketiga ini sesuai kebutuhan, dan hanya jika Anda yakin mengunduhnya dari sumber terpercaya.

Mari kita mulai.

Mencari dan mengunduh aplikasi

  1. Buka link ini APKMirror di peramban ponsel. Ada banyak pasar aplikasi Android tidak resmi, tetapi yang satu ini dioperasikan oleh tim yang menjalankan blog Android Police. Itu memverifikasi semua aplikasi untuk memastikan mereka sah.
  2. Jelajahi koleksi situs atau gunakan kotak pencarian di bagian atas untuk menemukan dan memilih aplikasi yang Anda inginkan.
  3. Jika aplikasi memiliki banyak versi, Anda akan melihatnya terdaftar berdasarkan nomor versi dan tanggal rilis. Ketuk versi yang diinginkan, lalu ketuk nama file (di bawah tajuk “Unduh”) dan ketuk tombol merah “Unduh APK” di bagian bawah halaman berikutnya.
  4. Ponsel akan memperingatkan tentang risiko memasang aplikasi yang tidak dikenal dan meminta Anda untuk mengotorisasi unduhan. Ketuk tombol “OK” untuk melanjutkan.

Menginstal aplikasi

  1. Lihat di panel notifikasi untuk konfirmasi bahwa unduhan selesai. Ketuk notifikasi untuk memulai instalasi.
  2. Ponsel Anda akan meminta Anda untuk memasang aplikasi yang tidak dikenal – baik pada level sistem, jika Anda menggunakan versi Android yang lebih lama, atau hanya untuk browser Anda, jika Anda menggunakan Android 8.0 (Oreo) atau lebih tinggi. Ketuk tautan “Pengaturan” di kotak itu dan kemudian aktifkan sakelar di layar yang muncul.
  3. Tekan tombol Kembali, dan Anda akan melihat permintaan meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menginstal aplikasi – baik yang baru atau sebagai pembaruan, jika Anda sudah memiliki aplikasi tersebut. Ketuk “Instal.”
  4. Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat layar konfirmasi. Anda dapat membuka aplikasi dari layar itu atau dengan menemukan ikonnya di laci aplikasi Anda.

Latest