Monday, August 26, 2019
Home Apps Google Jamin Layanannya Berjalan Normal, Asalkan Huawei Patuhi Aturan AS

Google Jamin Layanannya Berjalan Normal, Asalkan Huawei Patuhi Aturan AS

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Google akan mencabut akses update sistem operasi Android pada smartphone Huawei. Nantinya, semua perangkat Huawei tidak bisa mengakses semua aplikasi bawaan Google. Saat itu, Google dan Huawei belum memberikan pernyataan resminya terkait hal tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menambahkan Huawei ke daftar blacklist perusahaan yang tidak boleh menjual produknya ke Amerika kecuali memiliki lisensi.

Kini Huawei dan Google memberikan pertanyaan resminya secara global. Redaksi Selular.ID sudah menghubungi pihak Huawei Indonesia dan Google Indonesia untuk meminta tanggapan mengenai pencabutan akses Android di smartphone Huawei. Namun pernyataan Huawei Indonesia dan Google Indonesia merujuk pada statement Huawei dan Google global.

Baca juga : Huawei Akan Tetap Berikan Pembaruan Pada Smartphone dan Tablet

“Huawei telah memberikan kontribusi yang substansial untuk pengembangan dan pertumbuhan Android di seluruh dunia. Sebagai salah satu mitra global utama Android, kami telah bekerjasama dengan sangat erat dengan platform open-source mereka untuk mengembangkan ekosistem yang bermanfaat bagi pengguna dan industri,” ungkap Huawei melalui pernyataan resminya secara global.

Huawei akan terus memberikan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor yang ada. Baik yang sudah terjual maupun yang masih ada sebagai stok secara global.

“Kami akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna secara global,” jelas Huawei.

Baca juga : Gawat, Google Akan Cabut Dukungan Android ke Smartphone Huawei

Hingga saat ini sistem operasi Android dan aplikasi bawaan Google masih bisa berjalan lancar di semua smartphone Huawei. Hal serupa juga disampaikan oleh Google dalam pernyataan resminya. Dalam pernyataan resminya, Google menghimbau agar Huawei memenuhi semua peraturan Pemerintah AS.

“Jika Huawei bersedia memenuhi persyaratan dan peraturan Pemerintah AS bersedia, maka kami jamin semua layanan Google termasuk OS Android dan aplikasi lain masih tetap berjalan normal pada semua smartphone Huawei,” papar Google.

Latest