Friday, June 21, 2019
Home Apps WhatsApp, Facebook dan Instagram Kembali Tumbang, Apakah Ini Penyebabnya?

WhatsApp, Facebook dan Instagram Kembali Tumbang, Apakah Ini Penyebabnya?

-

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp kembali mengalami masalah (down) pada minggu (14/04/19), keadaan ini mulai pengguna rasakan sejak pukul 17.00 WIB.

Masalah ini cukup menjadi hal cukup serius karena baru satu bulan WhatsApp dan kawan-kawan mengalami hal yang serupa.

Dilaporkan Mirror, akibat kejadian ini tanda pagar #whatsappdown, #facebookdown, hingga #instagramdown berada di urutan atas trending topic Twitter.

Warganet mengeluhkan adanya kejadian yang melanda sekitar negara Indonesia, Malaysia, Kamboja, wilayah Asia lainnya, hingga Benua Eropa ini.

Para pengguna jagat maya tidak lupa mengeluhkan terjadinya kesulitan akses masuk ke ketiga platform tersebut di linimasa Twitter.

Sementara instagram, laporan tumbangnya Instagram meningkat tajam selama satu jam terakhir.

Laporan menyebutkan sudah ada total 735 laporan dalam satu jam terakhir. Pengguna yang terdampak adalah mereka yang ada di Indonesia, Eropa, Hong Kong, India, sebagian Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang.

Sedangkan Facebook, tercatat ada 1.282 laporan Facebook down sepanjang satu jam terakhir.

Di mana, mereka yang terdampak adalah pengguna yang berlokasi di Eropa, Jepang, Indonesia, Malaysia, India, Amerika, dan sekitarnya.

Menelisik ke soal tumbangnya WhatsApp Facebook dan Instagram pada bulan Maret 2019.

Sekedar mengingatkan tumbangnya
Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada bulan lalu sempat beredar dugaan bahwa Facebook dan kawan-kawan tumbang karena diserang hacker, tapi sangkaan ini segera ditepis oleh pihak Facebook.

Belakangan Facebook mengungkapkan bahwa masalah error berskala global itu adalah kesalahan konfigurasi server. Gangguan berawal dari Amerika Serikat, kemudian menyebar ke Eropa, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia.

Apakah tumbangnya ketiga aplikasi ini masalahnya sama dengan kejadian satu bulan lalu? hingga berita ini ditulis belum ada keterangam resmi mengenai masalah itu dari pihak WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Latest