Saturday, October 19, 2019
Home News Social Media Waspada, Game Anak di Play Store Bermasalah

Waspada, Game Anak di Play Store Bermasalah

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah Youtube, Google juga mempunyai masalah dengan konten berorientasi anak di toko aplikasinya. Wired menemukan lusinan aplikasi Android di Play Store yang dinilai Google aman untuk anak-anak, tetapi menampilkan konten yang mengerikan.

Mad Max Zombies mendapat peringkat PEGI 3 tetapi memungkinkan anak-anak menembak mayat hidup dengan banyak darah, sedangkan Baby Panda Dental Care membuat anak menarik gigi dengan cara yang cukup sadis.

Ada juga aplikasi berbayar-untuk-bermain yang mengharuskan penggunaan pelacakan lokasi dan izin perangkat yang bisa dipertanyakan.

Dari 52 judul yang dikirimkan Wired ke Google, 16 di antaranya telah dihapus langsung atau dirilis ulang dengan peringkat dan izin yang lebih sesuai.

Mad Max Zombies sekarang menjadi PEGI 12-rated seperti Mad War Zombies, misalnya. Namun, tidak jelas berapa banyak judul lain yang tidak diubah, dan beberapa aplikasi pelanggar itu memiliki lebih dari 100.000 download.

Sebelum diterbitkan, materi aplikasi harus disaring Google untuk menentukan peringkat konten. Meskipun menggunakan kuesioner yang sama dengan eShop Nintendo dan Microsoft Store di Xbox, namun Google Play Store tidak benar-benar menyaring permainan seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan lain.

Sepertinya, Anda tidak membutuhkan rating dari pengembang di Play Store untuk menentukan kelaikan sebuah game untuk anak. Kecuali jika ada pendekatan yang lebih ketat untuk verifikasi di masa mendatang, tampaknya Anda harus memeriksa sendiri aplikasi sebelum mengizinkan anak-anak memainkannya.

Latest