Tuesday, April 23, 2019
Home Fokus Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0

Talenta Digital Dibutuhkan Menuju Era Industri 4.0

-

Jakarta, Selular.ID – Memasuki era Industri 4.0, negara-negara di dunia berlomba menggenjot industri digital sebagai salah satu industri berprospek cerah penyumbang perekonomian negara.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian, melihat optimisme terhadap prospek industri digital nasional yang mulai tahun 2019, diproyeksikan tumbuh di atas 11 persen per tahun, berkat jaringan internet yang akan terhubung ke seluruh wilayah di Indonesia.

Namun, ketika industri sudah siap dan ekosistem sudah mulai terbentuk menurut Gogot Suharwoto, Kapustekkom Kemendikbud dalam salah satu diskusi panel bertajuk Digital Education Challenges, menyebutkan tantangan lain bagi langkah Indonesia dalam menjadi negara ekonomi digital terbesar adalah talenta digital itu sendiri.

” Skor indeks Indonesia masih rendah, kesiapan digital Indonesia memang masih berada di bawah negara-negara di Eropa dan Timur Tengah, tetapi, potensi yang dimiliki Indonesia dikatakan sangat besar, terutama jika dilihat dari sisi demografi dan pertumbuhan ekonomi, ujar Gogot, disela-sela acara Telkom Digisummit 2019, di Jakarta (11/04/19).

Dia menuturkan, untuk itulah talenta guna memenuhi kebutuhan bagi Industri 4.0 sudah dipikirkan sejak saat ini. Hal ini penting untuk memupuk minat generasi muda dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya,

“Dalam rangka mengantisipasi perubahan lifestyle yang makin mengarah ke digital, tentu juga diperlukan talent yang punya keahlian mumpuni. Inilah mengapa, edukasi juga penting untuk menemukan talenta-talenta muda,”ujar Gogot.

Menurut dia, hal itu untuk mendorong industri digital entertainment agar bisa bersaing dengan pemain global khususnya di pasar Indonesia.

Aplikasi Pendidikan.id

Sementara Santoso Suratso. Ceo Pendidikan.Id, menjelaskan, dalam rangka mengantisipasi perubahan lifestyle yang makin mengarah ke digital, tentu juga diperlukan talent yang punya keahlian mumpuni.

Dikatakan dia, melihat peluang itu aplikasi Pendidikan.id hadir untuk memenuhi kebutuhan belajar talent di era digital.

Aplikasi Pendidikan.id mempersembahkan sebuah Kios Pintar yang dinamakan ‘KIPIN ATM’, merupakan suatu teknologi informasi yang memanfaatkan layar sentuh sebagai tempat pustaka pembelajaran lengkap yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal tryout dan komik literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA & SMK sesuai kurikulum yang berlaku.

“Penggunaannya sangat mudah, cukup hanya dengan sentuhan ujung jari saja. Selain itu,semua data sudah tersimpan lengkap dalam KIPIN ATM sehingga tidak membutuhkan jaringan internet lagi. Bisa diletakkan dimana saja, cukup dengan adanya ketersediaan koneksi listrik. Di Data didalam mesin Kipin ATM selalu bertambah, sehingga koleksi data semakin lengkap,”ujar dia.

Kipin ATM dilengkapi dengan fasilitas teknologi wifi yang dinamakan ‘eduSPOT’, yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh semua data yang ada didalam Kipin ATM ke device yg dipakai (smartphone, tablet atau laptop) dengan gratis tidak butuh jalur pulsa atau kuota internet, gratis 100%.

Kini dengan hadirnya ‘KIPIN ATM’, pelajar dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai metode terbaru dalam kegiatan belajar yang diharapkan dapat membuat anak-anak menjadi lebih giat untuk belajar sehingga dunia Pendidikan Indonesia akan semakin cepat maju dan mampu bersaing dengan negara lain serta menambah semangat menuju Indonesia Hebat pada Indonesia Emas 2045.

Untuk menjangkau dan memudahkan semua siswa siswi dalam mengakses, aplikasi Kipin mobile tersedia dalam platform Android, iOS dan Windows 10, bisa didownload gratis dari web

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest