Monday, August 19, 2019
Home News Market Update Sony Catat Rekor Pengiriman Smartphone Terendah

Sony Catat Rekor Pengiriman Smartphone Terendah

-

Jakarta, Selular.ID – Satu tahun yang lalu, Sony memperkirakan 10 juta penjualan smartphone sepanjang 2018. Beberapa bulan kemudian, perusahaan merevisi angkanya menjadi 9 juta dan kemudian menjadi 7 juta.

Januari ini, revisi lain turun menjadi 6,5 juta dan ternyata itulah angka sebenarnya seluruh smartphone yang dikirimkan Sony selama periode 12 bulan.

Angka itu sangat jauh dari hampir 40 juta smartphone yang dijual Sony pada tahun 2014, dan angka itu terlihat semakin buruk ketika dipecah per kuartal.

Antara Maret dan Juni 2018, perusahaan mengirimkan 2 juta unit, yang kemudian turun menjadi hanya 1,6 juta pada bulan-bulan menjelang Oktober.

Peluncuran Xperia XZ3 dan musim Natal sempat memberikan sedikit dorongan untuk bisnis smartphone Sony selama bulan-bulan terakhir 2018, tetapi perusahaan masih hanya mengirimkan 1,8 juta unit.

Dan selama tiga bulan pertama tahun ini, dengan beberapa rilis baru untuk meningkatkan bisnisnya, Sony mengirimkan rekor terendah 1,1 juta unit.

Hasil yang buruk ini diterjemahkan ke dalam kerugian besar 97 miliar yen (setara Rp12,3 triliun) untuk divisi seluler perusahaan. Namun demikian, melalui ribuan PHK dan langkah-langkah lain, Sony berharap bisa memangkas biaya operasinya sebesar 50%.

Melihat ke masa depan, Sony memperkirakan penjualan smartphone hanya 5 juta unit antara sekarang sampai Maret 2020.

Mengenai profitabilitas, bisnis selular Sony mungkin tidak akan sepenuhnya menguntungkan hingga Maret 2021.

Latest