Sunday, August 18, 2019
Home News Market Update Samsung Bisa Geser Apple di Pasar Smartphone Premium

Samsung Bisa Geser Apple di Pasar Smartphone Premium

-

Jakarta, Selular.ID – Lembaga riset terkemuka, Counterpoint, memprediksi penjualan flagship milik Samsung, Galaxy S10, bakal melebihi varian sebelumnya, Galaxy S9.

Analisa itu didasari pada prediksi oleh pemasok komponen, serta penjualan di pasar-pasar utama yang menunjukkan animo tinggi. Salah satunya di Amerika Serikat.

Dalam laporan yang dikeluarkan pekan ini (16/4/2019), Counterpoint Research mengungkapkan bahwa rangkaian smartphone andalan terbaru Samsung membuat debut yang sukses di AS.

Tercatat, penjualan seri Galaxy S10 dalam dua minggu pertama April 2019, lebih tinggi 16% dibandingkan Galaxy S9 pada periode yang sama.

Galaxy S10 Plus premium menyumbang setengah dari penjualan jangkauan. Galaxy S10e dengan spesifikasi lebih rendah mencatat penjualan paling sedikit dari tiga model yang tersedia, tetapi masih mendorong peningkatan volume unit. Penjualan gabungan S10 Plus dan S10 mirip dengan S9 Plus dan S9.

Jeff Fieldhack, Direktur Riset Counterpoint, mengatakan bahwa AS adalah pasar utama bagi Samsung karena di sinilah sebagian besar smartphone premium dijual.

Ia menegaskan bahwa S10e tidak mengkanibal model lama seperti S8 atau S9. Ini sebenarnya membantu Samsung mendapatkan bagian pasar yang lebih baik.

Menurut Fieldhack, penjualan seri S10 yang terbilang bagus, dapat membantu Samsung mendapatkan kembali kepemimpinan pasar ponsel pintar AS dari Apple untuk pertama kalinya sejak Juni 2017.

“Faktor kunci adalah apakah hal itu memicu pengguna Apple untuk beralih ke Android, atau jika sebagian besar pengguna Samsung meningkatkan varian yang dimiliki sebelumnya ke Galaxy S10”, tambah Fieldhack.

Prediksi bahwa penjualan Galaxy S10 dibandingkan S9, sebenarnya sudah disuarakan juga sebelumnya oleh harian terkemuka Korsel, The Korea Herald.

Mengutip sumber-sumber di industri komponen smartphone, The Korea Herald menyebutkan, bahwa penjualan diperkirakan akan mencapai 10 juta pada kuartal pertama 2019. Sebanyak 10 juta lainnya pada periode April-Juni. Total diperkirakan 38 juta hingga 40 juta Galaxy S10 terkirim pada akhir tahun ini.

Sebagai perbandingan, surat kabar itu menambahkan, pengiriman varian Galaxy S9 mencapai 19,2 juta pada paruh pertama 2018 dan total 35 juta untuk setahun penuh.

Latest