Sunday, August 18, 2019
Home News Telco Q1 2019, Nokia Merugi

Q1 2019, Nokia Merugi

-

Jakarta, Selular.ID – Tampaknya Nokia mengalami awal yang sulit pada tahun 2019 karena hasil dari tiga bulan pertama menunjukkan kerugian yang signifikan, berbeda dengan Q1 tahun lalu.

Dikutip dari Reuters, perusahaan membukukan kerugian yang mengejutkan sebesar €254 juta atau setara Rp4 triliun di Q1 2019, bertolak belakang jika dibandingkan dengan laba €46 juta (sekitar Rp727,5 miliar) di Q1 2018.

Kerugian dikatakan lantaran investasi Nokia di 5G belum mulai membuahkan hasil.

Di ranah platform jaringan, Nokia asal Swedia Ericsson dan Huawei asal China dianggap sebagai saingan utama Nokia dan karena perusahaan Cina itu dikecam di beberapa negara karena masalah keamanan, dan itu bisa menjadi peluang besar bagi Nokia.

Selain peluang, hal itu juga memberi tekanan signifikan kepada Nokia untuk mengirimkan 5G pada paruh kedua tahun ini.

Banyak pelanggan sekarang mencari pemasok peralatan 5G di luar Huawei, sehingga Nokia perlu memanfaatkan momen tersebut. Namun, perusahaan teknologi asal Finlandia harus menginvestasikan sejumlah besar uang dan menuai manfaat dalam jangka panjang.

Jadi kalau dilihat lebih dekat, seluruh situasi Huawei ini sebenarnya menempatkan banyak tekanan pada Nokia dalam jangka pendek, tetapi akan menuai benefit di bulan-bulan mendatang.

Juga, Nokia menguraikan kegagalan untuk mengamankan kesepakatan penjualan bersih senilai €200 juta (sekitar Rp3,2 triliun) yang terkait dengan peralatan 5G di Amerika Utara menjadi salah satu penyebab kerugian kuartal pertama 2019 ini.

Latest