Sunday, June 16, 2019
Home News Pilpres 2019, Operator Perkirakan Kenaikan Data Mencapai 15 Persen

Pilpres 2019, Operator Perkirakan Kenaikan Data Mencapai 15 Persen

-

Jakarta, Selular.ID – Guna mendukung kelancaran pemilu 2019, para operator selular melakukan langkah optimasi jaringan di semua area layanannya. Seperti yang dilakukan Smartfren dan Telkomsel. Hal ini dilakukan kedua operator sebagai langkah antisipasi untuk kenaikan traffic Pilpres 2019.

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, memprediksi akan terjadi kenaikan data, dan memperkirakan kenaikan data mencapai 5 hingga 10 persen saat Pilpres 2019.

“Yang akan menjadi penyumbang kenaikan tersebut adalah kegiatan di media sosial, serta streaming di beberapa channel media karena ada quick count atau penghitungan cepat,’’ujar Munir.

Untuk lebih menegaskan hal tersebut Smartfren lakukan optimasi jaringan khususnya di daerah daerah pemukiman serta lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara Telkomsel, Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel, menyebutkan Untuk Pesta Demokarasi Pemilu Trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat lebih dari 15,8% (atau lebih dari 18.000 Tera Byte) dibandingkan hari biasa.

“Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial dan pesan instan. Seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan digital, trafik layanan suara diprediksi mengalami penurunan sekitar 7,4% atau sekitar 1,1 milyar menit, demikian juga untuk trafik layanan SMS diperkirakan cenderung menurun sekitar 4% atau sekitar 500 juta SMS) dibandingkan hari biasa,”ujar pria yang akrab disapa Abe.

Dikatakan Abe, pemilu yang juga berdekatan dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri. Telkomsel telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan agar selama masa tenang, Pilpres, Hari Pemilihan hingga Pengumuman, layanan komunikasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun kendala yang berarti.

“Untuk antisipasi Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia,”tutup Abe.

Latest