Monday, May 27, 2019
Home Tips Ini Cara Membatasi Pengeluaran Uang di Android

Ini Cara Membatasi Pengeluaran Uang di Android

-

Jakarta, Selular.ID – Tagihan telepon yang membengkak bisa jadi karena pengguna tidak menyadari layanan yang diikuti/berlangganan di smartphone mereka sendiri. Di perangkat Android misalnya, tagihan itu bisa berasal dari pembelian aplikasi, musik, film, hingga game online.

Melihat fenomena itu, Google berusaha membantu pengguna dengan cara menambahkan fitur penganggaran baru ke Play Store yang akan memungkinkan pengguna Android untuk menetapkan batas maksimum bulanan yang ingin mereka keluarkan untuk konten digital.

Layanan ini berlaku untuk aplikasi, game, film, acara TV, musik, ebooks, dan sebagainya.

Ketika hampir mencapai batas anggaran yang sudah ditetapkan, Anda akan melihat peringatan bahwa Anda sedang mendekati ambang batas, atau telah melampaui jumlah yang Anda tetapkan.

Opsi anggaran ini belum diluncurkan untuk semua pengguna. Ketika Anda menerima fitur itu, Anda akan dapat mengaksesnya seperti ini:

  • Buka Play Store di perangkat Android, buka menu sisi kiri, dan kemudian pilih ke bagian akun.
  • Dari sana, Anda akan melihat tab “Riwayat Pembelian”. (Jika Anda hanya melihat “Riwayat Pesanan,” maka Anda belum dapat menggunakan fitur anggaran baru. Mudah-mudahan peluncuran tidak akan memakan waktu terlalu lama.)
  • Pilih opsi “Tetapkan anggaran” dan masukkan jumlah pengeluaran yang nyaman untuk aplikasi, musik, film, acara TV, dan ebooks selama sebulan. Lalu tekan “Simpan.” Anggaran Anda selalu dapat disesuaikan atau dihapus sama sekali dari layar yang sama.

Google menyampaikan, menetapkan anggaran baru di Android ini mungkin tidak akan benar-benar melakukan apa pun untuk mencegah pembelian atau berlangganan di akun Google Play Anda. Fitur ini dimaksudkan sebagai referensi mudah untuk melacak pengeluaran Anda. Layanan tidak menerapkan pembatasan keras seperti kontrol orangtua Google Family Link.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, Anda hanya dapat menetapkan anggaran dalam mata uang di negara yang Anda tautkan oleh Google Play.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest