Thursday, July 18, 2019
Home News Terkendala Geografis, Paket Timur Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun

Terkendala Geografis, Paket Timur Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun

-

Jakarta, Selular.ID – Palapa Ring Paket Tengah dan Barat telah rampung 100 persen, bahkan paket Barat sudah dikomersilkan.Namun untuk Palapa Ring paket Timur masih belum rampung, dan disebutkan hingga saat ini sudah berjalan 94 persen.

Diharapkan pada Juni 2019 paket Timur akan rampung, hal tersebut dikatakan Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam acara sinergi kementerian dan pemerintah daerah dalam pemanfaataan Palapa Ring di Jakarta (20/03/19).

“Target 2019 selesai kalau misalkan nanti bulan juni konstruksi selesai sekarang 94 persen,”ujar Rudiantara.

Rudiantara menyebutkan belum selesainya paket timur dikarenakan kendala geografis, jalan yang susah diakses. Dikarenakan, antar kota di Papua yang terhalang pegunungan tinggi, membuat pengiriman logistik material harus mengerahkan upaya ekstra.

“Di Papua banyak gunung yang kita harus pasang tower dan di sana tidak ada jalan jadi menggunakan helikopter komunikasinya harus babat hutan untuk tapak tower itu memang berat tetapi kami tidak menyerah karena harus mengkoneksikan seluruh kabupaten dan kotamadya di Indonesia dengan internet kecepatan tinggi,”kata Rudiantara lagi.

Jika semua sudah diselesaikan Rudiantara menjanjikan pertengahan tahun bisa integrasikan semuanya.

“Status 94 persen konstruksinya selesai juni dan integrasikan semuanya setelahnya,”janji Rudiantara

Antar kota di Papua yang terhalang pegunungan tinggi, membuat pengiriman logistik material harus mengerahkan upaya ekstra.

Anang Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (Dirut BAKTI) menambahkan, tantangan pun ditambah dengan adanya bencana banjir bandang beberapa waktu lalu yang melanda sebagian wilayah di Sentani, Papua. Imbasnya, logistik material untuk pembangunan Palapa Ring ini terhambat.

Kendati demikian, pemerintah tetap optimistis Palapa Ring Timur akan selesai sesuai jadwal yang ditargetkan.

Latest