Monday, June 17, 2019
Home News Kominfo Belum Ambil Tindakan Terhadap Buzzer di Minggu Tenang

Kominfo Belum Ambil Tindakan Terhadap Buzzer di Minggu Tenang

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) sudah mempunyai aturan terhadap iklan kampanye di media sosial, namun belum mempunyai aturan terhadap buzzer.

Padahal buzzer mulai bekerja di media sosial. Umumnya, mereka banyak menebar isu, berita bohong, hingga cenderung menjelek-jelekan satu paslon capres 2019.

Terkait minggu tenang 14 April hingga 16 April 2019, Samuel Abrijani Pangerapan (Sammy), Dirjen Aplikasi Informatika menuturkan, bahwa Kominfo, bersama Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan memutuskan terkait buzzer di minggu tenang jelang pemilu pada minggu depan.

“Buzzer-buzzer yang komersial itu belum kita sentuh, belum dibahas. Nanti kita akan minta pendapat Bawaslu dan KPU karna kami harus hati-hati supaya tidak disebut membatasi ruang demokrasi masyarakat untuk berpartisipasi,” tutur Sammy, di Jakarta (25/03/19).

Menurut Sammy, konsistensi postingan belum cukup menentukan mereka buzzer. Dikatakan Sammy, mereka kebanyakan menggunakan akun masyarakat, sehingga ini harus benar-benar dilihat dan dipastikan.

“Minggu depan mungkin baru ada jawabannya. Sebelum hari H sudah ada ketentuan, batasannya apa saja”tutup Sammy

Latest