Thursday, July 18, 2019
Home News Jelang Pilpres Isi Konten Negatif Meningkat Setiap Bulannya

Jelang Pilpres Isi Konten Negatif Meningkat Setiap Bulannya

-

Jakarta, Selular.ID –Kementeriaan Komunikasi dan Informatika (kominfo) mencatat bahwa mendekati pemilihan presiden (pilpres) pada 17 April 2019 penyebaran konten negatif atau hoax kian meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Semuel Abrijani (Semmy), Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, dikatakan Sammy, konten negatif setiap bulan mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

“Kenaikan signifikan terjadi di bulan Februari 2019, Kemenkominfo mencatat ada 350 lebih berita hoax yang beredar di media sosial yang teridentifikasi dan tervalidasi pihaknya, padahalnya sebulan sebelumnya hanya berkisar 200 hoax,”ujar Semmy, di sela-sela acara Smart Citizen Day di Jakarta (20/03/19).

Namun, konten-konten tersebut, dikatakan Sammy adalah informasi yang sudah ada, bukan konten baru.

“Itu sih sudah recycle, tidak ada yang kalau yang baru itu seperti tujuh kontainer, jadi kami hanya tinggal label-in hoax saja,”ujar Semmy

Jumlah hoax sendiri secara keseluruhan yang terpantau dari Agustus 2018 yang teridentifikasi, tervalidasi, dan terverifikasi itu 25. Desember sudah 75 hoax, naik 3 kali, Januari sudah 175 hoax, 7 kali dari bulan Agustus 2018.

Semmy meyakini, bahwa potensi hoax lebih banyak lagi karena kan memverifikasi dan memvasilidasi juga perlu proses tersendiri. Dari keseluruhannya hoax sekitar pemilu .

Pihaknya menyoroti kenaikan berita hoax ini lantaran kian mendekati pesta demokrasi sehingga berita – berita hoax disebarkan melalui media sosial.

Latest