Jakarta, Selular.ID – Kecepatan download tiap operator selular berbeda-beda. Berapa kecepatan rata-rata operator selular di negara maju?

Menurut laporan terbaru, T-Mobile memiliki kecepatan LTE tercepat di antara semua operator AS pada kuartal terakhir 2018.

Bahkan, T-Mobile mencatat kinerja yang sangat baik dan memiliki kecepatan 4G LTE rata-rata tercepat dari semua operator AS selama kurun waktu 20 kuartal terakhir.

Hal itu tercantum dalam laporan terbaru perusahaan yang baru saja mengumumkan hasil keuangannya untuk trimester terakhir tahun lalu.

Sebagai contoh, kecepatan unduh pada T-Mobile rata-rata 33,4Mbps, lebih tinggi dari pesaing terdekatnya Verizon di angka 32,1Mbps, dan lebih jauh melampaui AT&T dan Sprint.

Kecepatan Unduh Rata-Rata 4G LTE Operator AS pada Q4 2018

Jika dicermati, dalam waktu sekitar lima tahun, kecepatan rata-rata unduhan hampir dua kali lipat kecepatan unduhan pada Q1 2014.

Kecepatan Unggah Rata-rata 4G LTE Operator AS pada Q4 2018

Ketika berbicara kecepatan unggah, T-Mobile lagi yang memimpin. Dalam perlombaan kecepatan unggah, perbedaannya jauh lebih besar.

T-Mobile rata-rata 12,1Mbps, diikuti oleh Verizon dengan 10,3Mbps, AT&T dengan 8,2Mbps, dan terakhir, Sprint mencetak skor buruk hanya 3,5Mbps.

Ini berarti bahwa jika pengguna mencoba mengunggah file besar melalui jaringan Sprint, itu akan memakan waktu hampir empat kali lebih lama daripada menggunakan jaringan T-Mobile.

Semua kecepatan itu diukur melalui data T-Mobile sendiri menggunakan Hasil Uji Kecepatan Ookla.

Cakupan T-Mobile pada kuartal terakhir diperluas, sekarang mencakup 325 juta orang di Amerika Serikat dan operator memperluas cakupan 600MHz ke lebih dari 2.700 kota.

Sementara di Indonesia, berapa kecepatan rata-rata yang Anda dapatkan saat mengunduh dan mengunggah menggunakan jaringan operator selular?