Sunday, October 25, 2020
Home Devices General Motors Mulai Produksi e-Bike

General Motors Mulai Produksi e-Bike

-

Jakarta, Selular.ID – Penjualan kendaraan roda empat yang terus merosot memaksa produsen mobil memutar otak. Guna merangkul konsumen muda yang cenderung menyukai kesederhanaan, produsen mobil pun mulai memproduksi kendaraan roda dua.

Secara umum mereka mencoba memanfaatkan pengalaman mereka di bidang manufaktur, baterai, dan tenaga dalam mengejar lebih banyak kendaraan roda dua bertenaga listrik, seperti motor, sepeda, dan skuter.

BMW membuat sepeda listrik dan motor. Audi memproduksi sepeda gunung listrik. Ford baru-baru ini mengakuisisi startup e-scooter Spin setelah membantu meluncurkan proyek scooter-sharing di Universitas Purdue. Bahkan Harley-Davidson telah meluncurkan konsep kendaraan listrik roda dua di tengah penurunan penjualan.

Pemain yang ikut bergabung ke dalam parade roda dua adalah General Motors. November lalu GM mengatakan akan mulai membuat sepeda listrik. Hari ini perusahaan merilis Ariv, dan mengatakan akan mulai menerima pesanan di negara-negara tertentu di Eropa.

GM mengatakan akan memproduksi dua model Ariv: Meld, e-bike kompak, dan Merge, e-bike lipat.

Baru nama, GM masih bungkam soal spesifikasi, tetapi dikatakan bahwa sepeda listrik akan memiliki kecepatan hingga 25 km/jam (15,5 mph) dengan empat tingkat tenaga yang dibantu pedal.

Pengendara dapat mengisi daya baterai e-bike mereka dalam waktu kurang lebih 3,5 jam dan menerima waktu perjalanan hingga 64 kilometer (40 mil) dengan sekali pengisian daya.

GM meluncurkan sepeda di Jerman, Belgia, dan Belanda, di mana e-bike bertenaga baterai lithium-ion sangat populer.

Di Belgia dan Belanda, Ariv Meld mulai dijual seharga $3.200 (~Rp45,3 juta) dan Ariv Merge sekitar $3.800 (~Rp53,8 juta).

GM diperkirakan akan mulai mengirim e-bike Ariv ke pelanggan pada kuartal kedua tahun ini.

Harga tersebut setara dengan e-bike kelas atas seperti VanMoof. Ada beberapa model yang lebih terjangkau di pasaran, tetapi dengan add-on yang juga mahal seperti baterai dan Bluetooth.

Kedua sepeda GM Ariv terhubung ke aplikasi yang menyediakan metrik pengendaraan seperti kecepatan, jarak, level baterai yang tersisa, level bantuan motor, dan jarak yang ditempuh.

GM mengatakan fitur tambahan direncanakan untuk aplikasi, termasuk mode yang akan menggunakan “algoritma kepemilikan untuk membantu pengendara tiba di tempat tujuan bebas keringat.”

Baik e-bike Ariv Merge dan Meld dilengkapi dengan penguncian Quad Lock untuk mengamankan pemasangan kunci smartphone ke setang.

E-bike dipandang sebagai upaya GM untuk mempersenjatai diri melawan masa depan yang tidak pasti untuk mobil. Saat ini sepeda bertenaga listrik dan skuter berbaris di jalan-jalan di sebagian besar kota-kota besar di seluruh dunia, menjadikan para pembuat mobil berusaha keras untuk menangkap pasar yang tengah bertumbuh tersebut.

Dan ketika penjualan kendaraan terus merosot, mereka akan perlu menemukan cara untuk menarik demografi yang lebih muda, lebih urban dengan kebutuhan transportasi yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Latest