Touch ID WhatsApp

Jakarta, Selular.ID – Penguna WhatsApp iPhone beberapa waktu lalu diberikan kemanan berlapis. WhatsApp telah menambahkan fitur baru, Face ID dan Touch ID untuk WhatsApp iPhone

Namun dikabarkan keamanan yang sudah digulirkan baru-baru ini untuk pengguna iPhone dikabarkan tidak menjamin kemanan yang maksimal. Pasalnya, fitur tersebut dapat dibobol, tanpa verifikasi FaceID maupun TouchID.

Seperti dilaporkan The Sun, American social news aggregation, Reddit, menuturkan, jika pengguna dapat menggunakan iOS Share Sheet untuk membuka aplikasi.

BACA JUGA:
Awas! Smartphone Xiaomi Pancarkan Radiasi Terbanyak

Dan jika pengguna mengaturnya untuk meminta login biometrik segera, tapi jika memilih interval waktu lain, akses lembar share me-reset timer, dan seseorang kemudian dapat membuka WhatsApp tanpa verifikasi.

Pasalnya, hal itu dilakukan dengan beberapa cara yakni, buka iOS Share Sheet, kemudian klik ikon WhatsApp di iOS Share Sheet.

WhatsApp, telah mengakui kerentanan keamanan WhatsApp, dan menjanjikan untuk perbaikan secepatnya, dan WhatsApp menyarankan supaya pengguna mengatur opsi kunci layar menjadi Immediately.

BACA JUGA:
Ada Bug di WhatsApp, Chat Terhapus Kembali Terbaca

Ini tentunya cukup mengejutkan, mengingat WhatsApp sudah menjanjikan kemanan yang mumpuni.

Disebutkan sebelumnya, gitur Face ID dan Touch ID ini sudah diberikan sistem keamanan berlapis yang mampu menjamin keamanan data penggunanya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu mengakses menu Settings / Account / Privacy, lalu aktifkan Screen Lock.

Setelah Screen Lock diaktifkan, setiap kali membuka WhatsApp, aplikasi ini akan memindai sidik jari dan wajah pengguna sebenarnya. Jika tidak menggunakan wajah atau sidik jari, maka aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka.

BACA JUGA:
Fitur 'Siri Shorcut' Waze Hadir di iOS Versi 12

Sejauh ini, gitur Face ID dan Touch ID hanya tersedia pada aplikasi WhatsApp untuk iOS. Selanjutnya, fitur Face ID dan Touch ID tersebut akan hadir di update WhatsApp versi Android.