Jakarta, Selular.ID – Menggunakan Google Maps tidak menjamin penggunanya sampai sesuai dengan harapan, nyasar pun masih dialami penggunanya. Untuk itulah Google Maps menggulirkan anti nyasar dalam aplikasinya.

Seperti yang telah direncanakan
Google menambahkan augmented reality (AR) ke Google Maps, Saat ini, Google Maps dengan fitur AR mulai diuji coba.

Navigasi AR di Google Maps, sejatinya sudah lama direncanakan. Namun, Google baru mengumumkan secara gamblang ide ini dala acara konferensi developer Google I/O 2018 lalu.

BACA JUGA:
Google Maps Tampilkan Batasan Kecepatan Laju Kendaraan

Seperti dilaporkan Android Authority, navigasi AR akan ditampilkan secara real-time, sehingga pengguna tidak akan nyasar jika bingung di tengah jalan.

Google menggunakan teknologi bernama Visual Positioning System (VPS), yang menggabungkan teknologi AR, Street View, dan sistem navigasi Google Maps. VPS memanfaatkan sensor GPS untuk mendeteksi lokasi pengguna.

Kemudian, kamera ponsel akan dibutuhkan untuk memberikan visual lokasi yang lebih akurat dengan penunjuk arah berbentuk hewan 3D yang akan menuntun pengguna menuju lokasi.

BACA JUGA:
Google Tambahkan Fungsi Pesan Bisnis di Maps

Sayangnya, Google tidak menyebutkan kapan rencana fitur ini bisa diinstal penggunanya. Google masih perlu melakukan pengujian tambahan untuk memaksimalkan fitur ini. Sehingga baru meluncurkannya ke para Local Guide (komunitas pemandu lokal) saja.