Jakarta, Selular.ID – Tanggal 5 Februari diperingati sebagai Hari Internet, dan Google merayakannya dengan merilis tools keamanan luar biasa yang akan tersedia untuk semua pengguna browser Chrome. Apa fungsinya?

Tools itu terlihat pada kombinasi nama pengguna dan kata sandi yang Anda gunakan untuk masuk ke berbagai layanan online dan memperingatkan Anda jika data tersebut sudah dimiliki peretas.

BACA JUGA:
Meski Versi Murah, RAM Pixel 3 Lite Lebih Besar dari Edisi Mahalnya

Dengan kata lain, ekstensi Password Checkup Chrome (Pemeriksa Kata Sandi Chrome) akan memberi tahu Anda kapan perlu mengubah kata sandi. Setiap orang yang menggunakan Chrome, sebaiknya segera menginstal tools ini jika mulai tersedia.

Setelah diinstal, tools Password Checkup akan memonitor semua login Anda dan memicu peringatan setelah kecocokan positif muncul. Hebatnya lagi, tools ini akan terintegrasi dengan manajer kata sandi jika Anda menggunakannya. Jadi Anda benar-benar harus menggunakannya tools baru ini.

BACA JUGA:
Chrome Rilis Fitur Untuk Singkirkan Iklan yang Halangi Konten

Google mengatakan tools baru itu tidak akan bermasalah jika Anda menggunakan kata sandi usang atau bodoh seperti 123456 selama tidak muncul dalam pelanggaran data.

Berikut infografis tepat yang menjelaskan apa yang dilakukan tools Password Checkup sejak Anda memasukkan kata sandi, sampai saat diperingatkan datang untuk Anda segera mengubahnya: