Tuesday, June 25, 2019
Home News Security Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di Google

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di Google

-

Jakarta, Selular.ID – Pekan lalu Google memberikan tools berguna bagi penggunanya, yakni two-factor authentication atau verifikasi dua langkah. Jika Anda belum mencobanya, Anda harus segera melakukannya.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, akun Anda akan lebih aman. Ini adalah tools terbaik bagi siapa saja yang menggunakan akun Google.

Verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan baru ke akun Anda. Setelah diaktifkan, Anda (atau calon peretas) harus menjalankan dua langkah untuk masuk ke akun Gmail Anda.

Selain kata sandi reguler, Anda akan memerlukan kode enam digit yang segera dikirim ke ponsel Anda setiap kali mencoba masuk.

Ini berarti peretas tidak bisa membobol akun Anda walaupun jika mereka telah mengetahui kata sandi Anda. Mereka juga perlu memiliki ponsel Anda secara fisik.

Jika itu terdengar rumit, jangan khawatir. Anda sebenarnya tidak harus menunggu kode teks itu setiap kali Anda masuk.

Dalam postingan ini, kami akan membahas cara menyiapkan verifikasi dua langkah untuk akun Google Anda hanya dalam beberapa menit – dan bagaimana melakukannya tanpa menambahkan langkah baru ke rutinitas harian Anda.

Aktifkan verifikasi dua langkah

Untuk memulai, buka halaman Keamanan di pengaturan. Klik Verifikasi 2 Langkah dan kemudian tekan Mulai untuk masuk ke akun Google Anda dan nyalakan verifikasi dua langkah.

Secara default, kode verifikasi dikirimkan ke ponsel Anda, tetapi Anda dapat memilih untuk menerima konfirmasi melalui aplikasi Google. Ini tidak hanya menyelamatkan Anda dari keharusan memasukkan kode, tetapi juga lebih aman.

Opsi cadangan

Google merekomendasikan pengaturan setidaknya satu opsi cadangan jika Anda tidak dapat mengakses ponsel Anda. Anda dapat mencetak beberapa kode cadangan yang kemudian akan Anda simpan di tempat yang aman.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Authenticator sebagai opsi cadangan atau kunci keamanan USB.

Latest