Saturday, September 21, 2019
Home News 12 Kampus Ikuti IEL 2019 University Series

12 Kampus Ikuti IEL 2019 University Series

-

Jakarta, Selular.ID – Pertumbuhan industri game di tanah air dirasa begitu cepat. Beberapa tahun lalu, esports masih dianggap sebuah genre game saja, namun sekarang bakal menjadi industri besar yang menjanjikan.

Pertumbuhan ini tak lepas dari antusiasme luar biasa yang dibangun oleh penggemar game di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tengok saja, sebanyak 41 persen dari 266 juta orang Indonesia setidaknya adalah gamer mobile atau PC kasual. Data yang diperoleh dari Niko Partners menyebutkan bahwa pendapatan mobile game dan online PC di Indonesia mencapai 606 juta USD pada 2018. Bahkan lembaga riset pasar dan konsultasi tersebut juga memperkirakan pendapatan akan meningkat 1.156 juta USd pada 2022.

Merespon antusiasme tersebut, MIX 360 ESPORTS sebagai entitas bisnis dengan komitmen mengembangkan industri esports di Indonesia kini tengah menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster esports profesional, hingga menyiapkan manajemen tim esports berkualitas. Salah satu langkah awal MIX adalah peluncuran agenda olahraga terbaru IEL University Series 2019.

Setelah resmi dimulainya gelaran IEL University Series 2019 pada akhir Januari yang lalu, kini tim MIX 360 ESPORTS memulai kegiatan seminar di 5 universitas di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang dan Surabaya. IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi esports resmi pertama untuk tingkat
universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

โ€œUntuk mengembangkan esports, harus terlebih dahulu dimulai dari mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap esports,โ€ ujar Harry Kartono selaku Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS, melalui surel resmi yang diterima Selular.id, Sabtu (9/2).

Harry juga menyebutkan bahwa IEL Campus Seminar bertujuan untuk mengedukasi para pelajar tentang berbagai peluang karir dan kesempatan untuk berkiprah di dunia esports.

Acara ini juga didukung oleh pengembang equipment gaming ternama, Razer, yang memberikan keahliannya dalam mengelola ekosistem hardware, software, dan layanan terintegrasi terbesar bagi para gamer.

Pada gelaran IEL 2019 University Series season 1 ini, sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kemenangan. Dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends. 12 Universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019.

Latest