Nokia 9 PureView

Jakarta, Selular.ID –HMD Global sebagai pemegang lisensi brand Nokia membenarkan rencana untuk menghadirkan Nokia 9 PureView dalam waktu dekat.

Rumor yang berkembang belakangan ini, Nokia 9 PureView akan melakukan debut internasionalnya pada pekan ketiga atau keempat Januari. Ini berarti pengumumannya dilakukan antara Senin atau Jumat (14 atau 25 Januari).

Namun kini beredar kabar peluncuran Nokia 9 PureView kembali ditunda. Ponsel dengan 5 kamera belakang ini kabarnya baru akan dirilis pada akhir Februari mendatang.

Kabar ini berhembus setelah Juho Sarkivas, Chief Product Officer HMD Global, berkicau soal gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 tahun lalu lewat akun Twitternya. Salah satu sumber me-retweet kicauan tersebut dan mengatakan bahwa Nokia kembali menunda peluncuran Nokia 9 PureView.

BACA JUGA:
HMD Global Rilis Nokia 1 Plus, 3.2 dan 4.2

Akun Twitter lainnya yang juga kerap memberi bocoran produk Nokia pun berkata senada. Bahkan jika memang peluncuran ini ditunda hingga MWC 2019 mendatang, maka keputusan tersebut dianggap sebuah kesalahan besar yang diambil oleh HMD Global.

Pasalnya, MWC merupaakan gelaran yang pas untuk.vendor mengenalkan seri baru. Seperti dilansir BGR.

Sejauh ini, pihak Nokia sendiri belum memberi komentar lebih lanjut terkait peluncuran Nokia 9 PureView ini.

BACA JUGA:
[VIDEO] Unboxing Nokia 5.1 Plus

Nokia 9 PureView sendiri kabarnya akan menjadi flagship teranyar yang dirilis HMD Global untuk tahun 2019 ini. Menurut beberapa bocoran, ponsel ini bakal dibanderol di kisaran harga 749 Euro (Rp12,2 juta) atau 799 Euro (Rp13 juta).

Seperti yang sudah disebut-sebut Nokia 9 PureView masih mengusung 5 kamera utama sebagai fitur andalan. Sayangnya tidak disebutkan resolusi dan sensor yang digunakan kelima kamera tersebut.

Dalam bocoran video yang beredar baru-baru ini menunjukkan bahwa nantinya pengguna dapat membuat efek bokeh pada foto menggunakan mode portrait. Efek bokeh tersebut dapat disesuaikan tingkatannya dan dapat mengubah titik fokus setelah mengambil gambar.

BACA JUGA:
Huawei Mate X Sabet Best New Connected Mobile Device di MWC 2019 Barcelona

Untuk video, ponsel ini didukung mode night mode yang mampu menangkap cahaya 10x lebih banyak. Dukungan penta kamera memungkinkan pengguna mengambil foto dengan lima kamera secara bersamaan.

Kabarnya Nokia 9 ditanamkan chipset Snapdragon 845 dipadukan RAM 6GB dan ROM 128GB. Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android One berbasis Android 9 Pie. Nokia 9 PureView akan ditopang sistem pengisi daya berbasis wireless.