Jakarta, Selular.ID – Tren wearable device diprediksi booming tahun ini. Jika Anda berencana memiliki salah satunya, berikut kami berikan ulasan singkat mengenai dua smartwatch milik Fitbit yang sudah bisa Anda temukan di pasaran: Versa dan Charge 3.

Perangkat Fitbit sudah beredar sejak lama di tanah air, namun perusahaan baru secara resmi menjajaki pasar Indonesia pada Juni 2018 melalui Versa. Lima bulan berselang, perusahaan mengeluarkan smartwatch keduanya, Fitbit Charge 3.

Dari keduanya, smartwatch mana yang lebih baik Anda miliki? Menurut hemat kami, Fitbit Charge 3 mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan Fitbit Versa.

BACA JUGA:
Fitbit OS 3.0 untuk Versa dan Ionic Mulai Bergulir

Setidaknya ada tiga poin krusial yang akan membuat Anda berpaling ke Fitbit Charge 3 dari Versa, yakni dari segi harga lebih terjangkau, desain kompak, dan daya tahan baterai lebih lama.

Mari kita bahas satu per satu. Pertama, dari segi harga. Charge 3 dijual lebih murah (Rp2,8 juta) dibandingkan Versa (Rp3,6 juta).

Selisih Rp800.000 tentu bukan jumlah yang kecil. Apalagi, semua fitur utama Versa juga bisa Anda temui di Charge 3. Jadi Anda tidak rugi apapun.

Kedua, dari segi desain. Fitbit Charge 3 tampil lebih kompak seperti gelang kebugaran (smartband), padahal ia adalah smartwatch. Jadi Anda tidak akan mencuri perhatian saat memakainya.

BACA JUGA:
Market Share Wearable Device Apple Menurun

Sementara Fitbit Versa sangat terlihat seperti smartwatch. Padahal untuk pemakaian sehari-hari, Anda tentu tidak ingin memperlihatkan fitness tracker sepanjang waktu.

Terakhir, daya tahan baterai. Fitbit Charge 3 bisa bertahan selama 7 hari dalam satu kali pengisian baterai sementara Fitbit Versa hanya 4 hari.

Itu dia tiga keunggulan Fitbit Charge 3 dibandingkan Versa. Kendati lebih murah, Charge 3 berbagi fungsi dan fitur yang sama dengan Versa.

Deretan fitur yang diusung keduanya antara lain merekam langkah, menghitung kalori, monitor detak jantung, pemantau tidur, dan lainnya.

BACA JUGA:
Fitbit OS 3.0 untuk Versa dan Ionic Mulai Bergulir

Fitbit Charge 3 dan Versa juga mengusung fitur Connected GPS, yang artinya saat Anda melakukan aktivitas seperti lari, bersepada, atau mendaki, Anda harus membawa serta smartphone Anda, agar Fitbit bisa merekam langkah lengkap dengan denah peta, pace, dan jarak tempuh.

Baik Fitbit Charge 3 maupun Versa sama-sama bisa diajak berenang. Keduanya bisa melacak aktivitas renang Anda sampai dengan kedalaman 50 meter. Tapi ingat, hanya kolam renang indoor, Fitbit tidak bisa diajak berenang di laut.

Terakhir, fitur standar seperti alarm dan stop watch juga ada di keduanya.