Realme U1

Jakarta, Selular.ID – Pekan lalu Realme baru saja mengumumkan lini smartphone terbarunya yang ditujukan untuk anak muda yang suka selfie, yaitu Realme U1. Realme U1 mengusung performa dan selfie sebagai fitur andalan. Realme U1 merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P70 dan kamera selfie dengan resolusi hingga 25 MP SelfiePro.

Mengusung fitur yang sama, bulan November lalu Xiaomi merilis Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah lebih dulu hadir di pasar ponsel Indonesia. Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini bisa dibilang memiliki beberapa perubahan kalau dibandingkan dengan pendahulunya.

Dilihat dari spesifikasinya, Realme U1 juga membawa semua yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Dengan sekumpulan informasi yang tersedia, Redaksi Selular.ID melakukan uji perbandingan singkat antara Realme U1 dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Berikut ulasannya.

Display

Desain smartphone kekinian yang menjadi tren saat ini adalah ponsel dengan layar penuh dan sudah dilengkapi dengan notch. Baik Realme U1 dan Xiaomi Redmi 6 Note Pro tampaknya juga mengikuti tren ini namun terdapat sedikit perbedaan dari segi ukuran notch.

Realme U1 sendiri memakai notch dengan desain dewdrop yang lebih kecil daripada desain notch Redmi Note 6 Pro yang masih berukuran lebar. Dengan dewdrop notch, pengguna Realme U1 akan dapat melihat konten visual yang lebih luas saat menonton video dan bermain game.

BACA JUGA:
Realme U1 Laris Manis di Harbolnas

Realme U1 menghadirkan layar beukuran 6.3 inci lebih besar sedikit daripada Redmi Note 6 Pro yang berukuran 6.26 inci. Resolusi layar Realme U1 yang beresolusi 1080 x 2340 pixel dengan kepadatan piksel 409 ppi dan rasio 19.5:9 juga lebih unggul sedikit dari resolusi layar Redmi Note 6 Pro. Xiaomi Redmi Note 6 Pro beresolusi 1080 x 2280 pixel dengan kepadatan piksel layar 403 ppi dan rasio 19:9.

Prosesor & Storage

MediaTek Helio P70 octa-core 2.1GHz memberikan performa maksimal pada Realme U1. Dipadukan AI Engine yang disempurnakan dan berjalan di CPU dan GPU, Helio P70 memberikan kinerja yang jauh lebih cepat untuk aplikasi AI dan efisiensi daya yang tinggi, tidak hanya untuk gaming, namun juga untuk pemrosesan gambar. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dibenamkan Snapdragon 636 Octa Core dengan kecepatan 1.8GHz.

Helio P70, chipset 12nm baru yang diklaim lebih kuat dan performa yang dioptimalkan daripada Helio P60. Helio P70 mampu menghasilkan kecepatan sebesar 13%, meningkatkan kinerja grafis dan meningkatkan kemampuan AI sebesar 30%.

Tes AnTuTu Xiaomi Redmi Note 6 Pro VS Realme U1
Tes AnTuTu Xiaomi Redmi Note 6 Pro VS Realme U1

Saat uji performa menggunakan AnTuTu, Realme U1 mampu memberikan skor 145021 dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro hanya mampu meraih skor 115611. Tentunya performa Realme U1 menjadi lebih baik dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

BACA JUGA:
Tes AnTuTu, Realme U1 Kalahkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Untuk kapasitas penyimpanan, Realme U1 hadir dengan dua konfigurasi yakni RAM 3GB dan ROM 32GB serta RAM 4GB dan ROM 64GB. Penyimpanan tambahan didukung microSD hingga 256GB. Xiaomi Redmi Note 6 Pro juga memiliki pilihan kapasitas yang sama dengan Realme U1.

Kamera

Baik Realme maupun Xiaomi, kedua smartphone ini sama-sama menjual kemampuan kameranya. Untuk kamera depan, Redmi Note 6 Pro hadir dengan pengaturan kamera ganda yang memiliki sensor kamera utama 20MP dengan aperture f/2.0 dan kamera kedua menggunakan sensor 2MP dengan aperture f/2.2. Sebagai perbandingan, Realme U1 hadir dengan kamera depan lensa tunggal beresolusi 25MP SelfiePro yang menggunakan sensor flagship Sony IMX576.

Di bagian belakang, kedua smartphone ini memiliki konfigurasi dual-camera dimana Redmi Note 6 Pro memiliki sensor kamera utama 12MP dengan aperture f/1.9 dan kamera sekunder yang memiliki sensor 5MP dengan lensa F2.2. Sedangkan Realme U1 dilengkapi dengan sensor kamera utama 13MP dengan aperture f/2.2 dan kamera kedua memiliki sensor 2MP dengan aperture f/2.4.

Desain & Build Quality

Berbicara mengenai desain, Realme U1 mengadopsi gaya desain yang lebih modis dan berani, menggantikan desain polos yang solid dengan efek light pillar yang unik. Dalam pencahayaan yang berbeda, smartphone Realme U1 menampilkan bagian belakangnya yang memiliki tampilan bertekstur unik dari berbagai sudut.

BACA JUGA:
Segera Edar di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Realme U1

Beralih ke Redmi Note 6 Pro, Xiaomi tampaknya setia mengusung desain konsep round curved pada smartphone-smartphone mereka, termasuk Redmi Note 6 Pro. Yang berbeda dari desain Redmi Note 6 Pro dan Redmi Note 5 Pro adalah garis yang menutupi antena atas di bagian bodi belakang. Garis ini sekarang menyatu dengan bodi logam.

Berbicara build quality, kedua smartphone ini bisa dibilang menawarkan kualitas bodi yang sama kokohnya. Namun untuk urusan estetika, Realme U1 memberikan sentuhan kilauan warna yang terasa lebih elegan bila dibandingkan dengan Redmi Note 6 Pro.

Harga

Menjadi smartphone pertama di dunia yang memakai prosesor MediaTek Helio P70, desain light pillar yang lebih elegan, layar FullScreen yang dilengkapi dengan dewdrop notch serta kamera SelfiePro 25MP bersensor flagship Sony IMX576, Realme U1 bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Realme U1 varian 3GB+32GB dibanderol seharga Rp 2.499.000. Sementara model 4GB+64GB dilepas seharga Rp 2.899.000.

Sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dibanderol dengah harga yang sedikit lebih mahal yakni Rp 2.899.000 untuk konfigurasi memori 3GB+32GB. Untuk model tertinggi 4GB+64GB dilepas seharga Rp 3.299.000. Lantas mana yang Anda pilih Xiaomi Redmi Note 6 Pro atau Realme U1?