Hasil kamera Honor 10 & Galaxy S9

Jakarta, Selular.ID – Smartphone premium dengan harga yang cukup mahal tentunya dilengkapi dengan kamera yang memiliki kualitas foto bisa diandalkan. Tetapi apakah smartphone menengah dengan harga yang terjangkau bisa dipastikan kualitasnya kalah dari kamera yang ada di smartphone premium.

Oleh karena itu saya sangat tertarik untuk mencoba kamera dari dua smartphone yang harganya terpaut jauh, yakni kamera dari Samsung Galaxy S9 dan kamera yang dimiliki oleh Honor 10.

Pada Galaxy S9, Samsung hanya menempatkan satu kamera belakang tetapi dilengkapi dengan fitur Dual Aperture . Dengan Dual Aperture, kameranya akan secara otomatis menyesuaikan mode aperture sesuai dengan situasi cahaya untuk menghasilkan foto yang memuaskan.

Aperture F1.5 akan otomatis digunakan dalam suasana gelap sedangkan pada suasana terang akan digunakan aperture F24. Dengan ini foto akan tampak lebih terang di suasana gelap dan tampak lebih tajam di suasana terang.

Untuk merekam video, terdapat fitur Super Slow-mo yang dapat merekam adegan dengan lambat. Namun sayangnya fitur ini hanya mendukung resolusi HD untuk videonya dan memiliki keterbatasan dalam lama perekaman.

Sedangkan Honor 10 dibekali kamera ganda berkapasitas resolusi16MP dan 24MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan fitur artificial Intelligent (AI).

Fitur AI di Honor 10 tak cuma mendeteksi wajah orang, kamera Honor 10 juga bisa mengenali lebih dari 500 situasi di 22 kategori scene.

Kamera Honor 10 akan secara otomatis mengenali scene foto begitu lensa dibidikkan ke obyek foto.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018: Smartphone dengan Kamera Terbaik

Kamera di Honor 10 ini juga menawarkan beberapa mode pemotretan lain dengan berbagai fitur seperti mode portrait yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar yang bokeh. Ada juga mode AR Lens untuk seru-seruan.

Kita langsung saja ke bahasan mengenai hasil foto kedua kamera smartphone ini.

Mode Auto

Pengujian pertama yang saya lakukan adalah mengambil objek foto apa adanya tanpa melakukan berbagai macam setting. Saya langsung menggunakan mode auto di Samsung Galaxy S9 sedangkan di Honor 10, mode serupa adalah mode Photo dengan AI saya aktifkan.

Berikut ini adalah hasil fotonya:

Hasil foto Galaxy S9

Saya juga mencoba kamera kedua smartphone pada saat malam hari di lapangan futsal indoor

Hasil foto Galaxy S9

Night shot

Persoalan yang sering mengganggu pengguna saat menggunakan smartphone-nya adalah kesulitan mengambil gambar pada saat malam hari.

Oleh mengatasi persoalan tersebu Honor 10 melengkapi kametanya dengan fitur night shot yang memungkinkan penggunanya tetap dapat mengambil gambar yang bagus pada malam hari.

Selain dengan fitur night shot, teknologi AI yang disematkan pada kamera Honor 10 akan memilih skenario yang tepat untuk dilakukan pemotretan pada malam hari di mode “Photo”.

Sementara itu Galaxy S9 tidak menyediakan fitur night shot, tetapi dengan fitur dual apperture yang terdapat pada kameranya mampu menangkap cahaya yang cukup ketika memotret pada malam hari.

BACA JUGA:
Selular Editor's Choice 2018: Smartphone Terbaik Di Atas Harga Rp5 Juta

Pada foto under pass di atas, terlihat hasil foto Honor 10 lebih detail terutama pada area terowongan. Sementara pada hasil foto Galaxy S9 hanya terlihat cahaya lampu saja. Begitu juga pada foto gerbang perumahan, pencahayaan Honor sangat baik.

Pada foto pasar malam, saya menggunakan mode Photo pada Honor 10 dengan memanfaatkan scene night shot dengan teknologi AI yang ada di perangkat.

Selfie

Kamera depan Honor 10 memiliki kapasitas resolusi sebesar 24MP yang memberikan kemampuan swafoto memuaskan.

Fitur AI pada kamera depan menawarkan perfect selfie yang mampu menghasilkan gambar yang cukup sempurna.

Sebelum melakukan swafoto pengguna diharuskan melakukan perekaman wajah tampak depan, tampak samping dan pada saat menunduk. Kemudian men-setting efek beauty yang diinginkan.

Pada Galaxy S9, Samsung menyediakan mode Selfie dan Selfie Focus. Untuk menghasilkan foto selfie yang bokeh tentunya Selfie Focus bisa jadi pilihan pengguna Galaxy S9.

Foto makanan

Untuk kebutuhan memotret makanan jika kalian adalah food blogger, Samsung Galaxy S9 menyediakan fitur khusus memotret makanan (Food Mode).

Sedangkan pada kamera Honor 10, pengguna tidak perlu menyesuaikan mode kamera karena teknologi AI yang disematkan pada kameranya akan langsung menyesuaikan skenario yang tepat jika menangkap objek makanan (food scene).

BACA JUGA:
Selular Editor's Choice 2018: Smartphone Terbaik Di Atas Harga Rp5 Juta

Foto makanan dengan kamera Galaxy S9:

Foto Bokeh

Buat yang senang mengambil foto dengan teknik depth of field (DOF) atau biasa dikenal dengan istilah bokeh, gambar seperti itu bisa dihasilkan dengan mudah menggunakan kedua smartphone ini.

Untuk menghasilkan gambar bokeh pada hasil jepretannya, Samsung menyediakan fitur Dual Aperture pada kameranya. Pada saat pengambilan gambar, kalian bisa memilih mode selective focus.

Di Honor 10 untuk menghasilkan foto bokeh, kalian bisa menggunakan berbagai cara.

Pada mode Photo, jika fitur AI telah diaktifkan maka kamera dapat secara otomatis memproduksi gambar dengan latar blur (bokeh).

Selain cara tersebut, kalian juga bisa menggunakan mode Portrait dengan terlebih dulu mengaktifkan fitur bokeh yang tersedia di kiri bawah pada mode portrait tersebut.

Cara terakhir untuk bisa menghasilkan foto bokeh adalah dengan menggunakan mode kamera Apperture.

Mode Monochrome

Hal mendasar yang membedakan kamera dari kedua smartphone ini adalah adanya mode pengambilan gambar monochrome pada smartphone Honor 10. Di Galaxy S9 pilihan ini tidak tersedia.

Di mode monochrome ini ada beberapa pilihan yang bisa digunakan seperti normal, apperture dan Portrait.

Bagi yang suka mengambil objek human interest, fitur monochrome di Honor 10 dapat membuat gambar lebih ekspresif. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk kamera utama saja.