Jakarta, Selular.ID – Google sedang mengembangkan teknologi eSIM miliknya agar bisa digunakan di semua smartphone miliknya. Sejauh ini teknologi eSIM hanya terdapat pada Google Pixel 2 XL dan Pixel 3 XL.

Sesuai namanya, eSIM alias electronik SIM tidak memiliki wujud fisik seperti kartu pada umumnya. E-SIM berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas pasang sembarangan. Teknologi ini sekilas mirip sistem inject kartu SIM yang sempat populer beberapa tahun silam.

BACA JUGA:
Gboard Gunakan AI Untuk Emoji dan Stiker Saat Chatting

Dilansir dari GSMArena, dukungan eSIM untuk Pixel 3 hadir terbatas hanya pada satu operator saja di Amerika Serikat. Google sedang memperluas dukungan eSIM Pixel 3 ke beberapa negara dan operator baru dengan patch keamanan terbaru di bulan Desember ini.

Dalam blog resminya, Google menyebutkan bahwa akan memulai program eSIM untuk smartphone Android. Nantinya, teknologi eSIM akan menjadi standarisasi untuk semua smartphone Android.

BACA JUGA:
Pengguna Gmail Capai 1,5 Miliar

Google tengah berupaya mencari solusi agar semua smartphone Android nantinya kompatibel dengan eSIM. Belum ada informasi kapan Google selesai mengmbangkan teknologi eSIM ini untuk semua smartphone Android.