Jakarta, Selular.ID – Setelah Huawei memulai ‘perang’ dengan mengeluarkan tiga kamera Leica di P20 Pro, Samsung resmi menghadirkan 4 kamera di Galaxy A9. Belakangan, HMD dikabarkan menyiapkan lima kamera di Nokia 9.

Melompat jauh dari arena perang, LG baru saja mengajukan paten yang menggambarkan fitur-fitur potensial dari smartphone masa depan besutannya, termasuk pengaturan 16 kamera.

BACA JUGA:
Desain Smartphone Lipat LG Terungkap

Selain jumlahnya, hal yang menarik dari paten LG adalah penyusunan kameranya. Perusahaan membayangkan sebuah setup 4×4 yang disusun pada suatu sudut (membuat array cekung atau cembung).

Dengan cara ini, setiap kamera akan mempunyai sudut pandang yang berbeda. Semua gambar yang dihasilkan kamera kemudian akan dijahit menjadi satu foto.

Contoh yang diberikan LG dalam paten adalah memotret orang dan mengganti wajah setiap orang dalam bingkai dengan sudut yang terlihat terbaik. Dengan bantuan software, pemotret kemudian akan bisa menggunakan wajah dari foto yang diambil sebelumnya.

BACA JUGA:
LG Ajukan Paten Smartwatch dengan Kamera

Bagaimana dengan selfie? Daripada menempatkan beberapa kamera di bagian muka, LG menyarankan menempatkan cermin di dekat kamera (solusi lawas). Atau, mungkin ada layar sekunder di belakang.

Tapi tentu saja, kamera selfie akan tetap ada di smartphone untuk kepentingan seperti video call.

Selain 16 kamera, paten LG juga menyarankan ide lain, seperti loudspeaker di belakang. Dikombinasikan dengan loudspeaker di bagian depan, tentu akan menghasilkan suara stereo yang lebih andal.

BACA JUGA:
Catatan Akhir Tahun 2018: Tumbangnya Vendor Smartphone di Indonesia

Sumber: Lets Go Digital