Thursday, June 27, 2019
Home News Smartfren Berikan Kartu Kuning Bagi TKA Kontraktor Ilegal

Smartfren Berikan Kartu Kuning Bagi TKA Kontraktor Ilegal

-

Jakarta, Selular.ID – Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal semakin merebak di Indonesia. Para TKA ilegal tersebut berkerja di sejumlah perusahaan di Indonesia baik lokal maupun perusahaan global. Hal ini wajar adanya mengingat Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan bagi para TKA ilegal tersebut.

Kasus TKA ilegal ini juga menimbulkan perhatian khusus pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia terus berusaha menangani kasus TKA ilegal tersebut.

Pekan ini, tepatnya Rabu (28/11/2018), petugas Imigrasi Tangerang menemukan puluhan TKA ilegal di kantor Smartfren di wilayah Tanggerang. Para pekerja asing ilegal tersebut tidak dapat menunjukan kelengkapan dokumen resmi, termasuk paspor kepada petugas Imigrasi Tanggerang. Terkait penemuan TKA ilegal di kantor Smartfren Tanggerang, Redaksi Selular.ID meminta keterangan dari Presiden Direktur Smartfren Telecom, Merza Fachys melalui pesan singkat kepada Selular.ID.

“Siang kemarin beberapa orang petugas Kantor Imigrasi Tangerang datang ke Kantor Teknik Smartfren di BSD untuk melakukan razia rutin atas kelengkapan dokumen TKA yang sedang bekerja di area Kantor Teknik Smartfren. Sejumlah orang tidak dapat menunjukkan dokumen yg diminta petugas imigrasi tersebut. Di Kantor Teknik Smartfren, selain karyawan Smartfren juga terdapat pekerja dari kontraktor luar negeri Smartfren. Mereka bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak mereka dengan Smartfren,” ujar Merza.

Disampaikan Merza, setiap perusahaan asing yang bekerja untuk Smartfren wajib memenuhi peraturan terkait tenaga kerja asing bila mereka memperkerjakan pekerja asing di Indonesia.

“Smartfren secara reguler selalu mengirimkan surat peringatan agar klausal tersebut dipenuhi setiap saat. Dengan kejadian ini, maka sekali lagi kami meminta kepada kontraktor Smartfren untuk selalu memenuhi semua aturan terkait ijin tenaga kerja asing di indonesia,” tutup Merza.

Latest