IDC Business Innovation Forum
IDC Business Innovation Forum (Donnie/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan data IDC Asia/Pasifik DX Sentiment Survey 2018, cloud, big data analytics dan Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang banyak diadopsi oleh perusahaan di Indonesia.

Teknologi tersebut sudah menjadi bagian dari ekosistem digital bagi perusahaan di Indonesia. Data Indonesia End-user Survey 2018 menyebutkan lebih dari 50% perusahaan di Indonesia fokus pada transformasi model operasional, terutama pada proses bisnis.

BACA JUGA:
Pasar Wearable Device Diprediksi Tumbuh Dua Digit Pada 2022

Total belanja ICT perusahaan di Indonesia mencapai Rp 445 triliun pada tahun 2018. Dengan CAGR 4,5% selama tahun 2016 hingga 2021 yang didorong oleh pengeluaran bisnis perusahaan.

“Kebanyakan perusahaan di Indonesia sudah menyadari manfaat penggunaan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya. IDC menjulukinya sebagai Digitally Determined Organizations. Cloud menjadi platform yang wajib digunakan perusahaan di Indonesia dalam bertransformasi digital,” ujar Mevira Munindra, Head of Operations IDC Indonesia saat acara IDC Business Innovation Forum di bilangan Kuningan, Kamis (15/11/2018).

BACA JUGA:
Pasar Wearable Device Diprediksi Tumbuh Dua Digit Pada 2022
Mevira Munindra, Head of Operations
Mevira Munindra, Head of Operations (Donnie/Selular.ID)

Dikatakan Mevira, dalam beberapa tahun terakhir security masih menjadi investasi kedua tertinggi bagi perusahaan. Teknologi lain seperti Artificial Intelligence (AI), Machine Learning dan blockchain juga tengah diadopsi perusahaan di Indonesia, khususnya startup.

IDC meyakini bahwa lima tahun kedepan, cloud dan security akan menjadi kunci dalam mendorong perusahaan bertransformasi digital.