Mediatek chipset 5G

Jakarta, Selular.ID – Mediatek tengah mengembangkan modem 5G yakni Helio M70. Helio M70 merupakan modem yang berdiri sendiri dan bukan bagian dari chipset. Kemungkinan besar, Helio M70 memiliki komponen terpisah dari chipset.

Mediatek chipset 5G

Helio M70 juga merupakan chip modem 5G pertama dari Mediatek untuk perangkat mobile. Dikutip dari GSMArena, chipset 5G Mediatek berharap Helio M70 tersedia pada semester kedua tahun 2019 mendatang.

BACA JUGA:
MediaTek Helio P90 Resmi, Support Google Lens

Namun, tampaknya Helio M70 akan tersedia pada akhir tahun 2019 mendatang. Mengingat smartphone 5G pertama akan tiba pada 2020 mendatang.

Ambisi MediaTek selama ini untuk mensuplai modem 5G ke perangkat iOS berhasil. Karena produk iPhone selama ini ditanamkan chip modem eksternal. Sebelumnya, produk iPhone didukung chipset Intel.

Rupanya Mediatek tidak mau kalah dengan Qualcomm yang juga memiliki modem chip external. Modem yang diintegrasikan ke dalam chipset lebih disukai para vendor smartphone. Karena biaya yang dikeluarkan lebih efisien.

BACA JUGA:
MediaTek Helio P90 Resmi, Support Google Lens

Selain itu, Mediatek sedang mempersiapkan anggaran untuk penelitian dan pengembangan teknologi 5G. Kapan pastinya belum diketahui. Yang jelas setelah implementasi 5G merata di seluruh negara.