Email marketing

Jakarta, Selular.ID – Di era digital saat ini, email marketing kerap kali digunakan untuk memasarkan produk atau branding. Email marketing biasanya berisi penawaran dari suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan para pengusaha lengkap dengan deskripsi serta informasi produk tersebut. Anda dapat memasarkan dan mempromosikan produk ataupun jasa dari bisnis Anda melalui email marketing. Ada banyak metode email marketing yang bisa Anda gunakan seperti direct email, retention email, atau menggunakan email orang lain untuk promosi. Untuk mempromosikan bisnis, Anda dapat menggunakan email biasa ataupun software email marketing.

Sebaiknya Anda menggunakan software email marketing ternama seperti MailChimp, Send Blaster dan aplikasi email marketing lainnya. Karena software email marketing tersebut biasanya memiliki fitur khusus yang tidak dimiliki oleh email biasa sehingga dapat mempermudah Anda dalam mempromosikan produk Anda. Anda juga dapat melakukan blast email agar email Anda dapat dikirim bersamaan kepada banyak orang.

Sebagai catatan, untuk menggunakan email marketing, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar berhasil menarik perhatian dan mendapatkan feedback dari para calon konsumen. Berikut ini ada beberapa tips dalam mengirim email marketing yang baik sehingga dapat menarik calon konsumen.

1. Buat judul atau subject email semenarik mungkin

BACA JUGA:
Foto Pribadi Bisa Jadi Sticker di WhatsApp, Ini Caranya

Dalam menggunakan email marketing, hal pertama yang harus diperhatikan adalah judul. Anda harus membuat judul email Anda semenarik mungkin untuk meningkatkan daya beli para konsumen. Buatlah judul email yang singkat, padat dan jelas agar penerima email dapat mengetahui tujuan dari email marketing yang Anda buat. Judul email harus mewakilkan isi email yang Anda buat. Karena judul email merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh para calon konsumen Anda.

2. Cek kembali alamat email yang dituju

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah alamat email. Pastikan alamat email yang akan Anda kirim benar dan dalam kondisi aktif. Sebaiknya, Anda membuat daftar alamat email yang akan Anda kirim menggunakan Microsoft Excel ataupun software lainnya.

Hal ini penting dilakukan untuk mempermudah saat mengirim email untuk banyak orang. Cara blast email ini sangat praktis dan memudahkan Anda dalam mengirim email sehingga Anda tidak perlu mengirim email satu persatu kepada orang yang dituju.

3. Penulisan email yang baik dan benar

Tata cara penulisan email yang baik dan benar menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan orang yang akan menerima email Anda memahami isi email yang Anda buat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara penulisan email adalah bahasa penulisan. Gunakan bahasa yang baik dan benar.

BACA JUGA:
3 Cara Mudah Membangun Bisnis Digital

Jika penerima email adalah orang Indonesia, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Hindari penggunaan bahasa gaul ataupun bahasa sehari-hari. Sebaiknya gunakan bahasa yang formal, namun tidak terlalu kaku sehingga dapat dimengerti oleh si penerima email.

Jika si penerima adalah orang asing, gunakan bahasa Inggris sesuai dengan vocabulary yang benar. Pemilihan bahasa yang baik dan benar akan memberikan kesan yang baik pada si penerima email sehingga meningkatkan minat dari calon konsumen.

4. Isi email dapat dimengerti oleh penerima

Selain bahasa, Anda juga harus memperhatikan isi email yang Anda kirim. Karena ini email marketing, isi email yang Anda buat tentunya berisi penjelasan tentang produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Anda harus menjelaskan produk yang Anda tawarkan kepada calon konsumen dengan lengkap. Anda dapat mempresentasikan produk Anda melalui email seperti kelebihan, manfaat dan harga yang ditawarkan.

Tentunya isi email Anda harus jelas, padat dan singkat sehingga dapat dimengerti oleh konsumen dan memberikan daya tarik pada konsumen atas produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga harus mencantumkan kontak dan alamat dari usaha Anda untuk meyakinkan para calon konsumen.

BACA JUGA:
Trik Jitu Abadikan Momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dengan Kamera Oppo A7

5. Waktu pengiriman

Anda juga harus menentukan waktu pengiriman email yang tepat. Jika Anda salah menentukan waktu pengiriman, maka kemungkinan besar email tersebut tidak dibaca bahkan tidak terkirim. Waktu pengiriman email yang tepat adalah jam 7 hingga jam 10 malam di hari kerja. Hal ini dikarenakan jam tersebut merupakan waktu yang produktif bagi kebanyakan orang. Selain itu, waktu pengiriman yang tepat adalah di saat weekend ataupun hari libur nasional.

Biasanya pada hari libur tersebut, paro calon konsumen memiliki waktu yang lebih santai karena dalam suasana liburan. Mengirim email di waktu yang tepat, semakin memperbesar peluang email yang dikirim akan dibaca dan direspon oleh calon konsumen.

6. Tes email sebelum dikirim

Sebelum mengirim email, ada baiknya Anda mengujicoba email Anda tersebut. Sebaiknya Anda mencoba mengirim email marketing yang telah Anda buat kepada email pribadi Anda sendiri. Jika Anda menggunakan perangkat mobile berbasis Android, Windows dan iOS, pastikan email tersebut dapat dibuka pada gadget Anda.