Jakarta, Selular.ID – Awal bulan Panasonic meluncurkan dua jagoan menengah di India dan sekarang giliran dua smartphone entry level: Panasonic Eluga Z1 dan Panasonic Eluga Z1 Pro. Keduanya mengusung chipset Helio P22, AI, Face Unlock, dan baterai besar.

Secara kasat mata, kedua perangkat menampilkan bentang layar sama dengan lebar 6.19 inci resolusi HD+ serta kaca perlindungan Dragon Trail Pro di permukaan atas.

Kamera belakang combo mempunyai kombinasi resolusi 13MP + 2MP, sementara kamera menghadap depan adalah 8MP. Kedua pengaturan kamera dibubuhi lampu kilat LED.

Perbedaan mendasar antara kedua perangkat terletak di konfigurasi memori. Eluga Z1 reguler memiliki RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, sedangkan Eluga Z1 Pro dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB.

Kendati berbeda kapasitas, keduanya dibekali slot microSD yang mampu membaca kartu memori eksternal hingga 128GB.

Baterai Eluga Z1 dan Z1 Pro adalah 4.000mAh yang bisa di-charge melalui port microUSB di bagian bawah. Sistem operasinya sudah Android 8.1 Oreo yang dipasangkan dengan Panasonic Arbo Hub.

Selain aplikasi bawaan Google, juga ada aplikasi pra-instal lainnya seperti pemesanan taksi, perbandingan harga tarif, update seputar kriket, laporan berita, membayar tagihan, perkiraan cuaca, dll.

Dimensi handset adalah 157.2×76.3×8.1mm dengan berat 169 gram. Panel belakang dan warna Eluga Z1 berasal dari logam dan hadir dalam tiga warna: Hitam, Emas, dan Biru.

Harga Z1 reguler adalah INR14,490 (setara Rp3 juta), sedangkan Z1 Pro berbiaya INR17,490 (sekitar Rp3,6 juta). Keduanya akan tersedia di pengecer offline di seluruh India mulai 31 Oktober.