Thursday, October 24, 2019
Home Devices Nokia 8110 4G Resmi di India, Bagaimana di Indonesia?

Nokia 8110 4G Resmi di India, Bagaimana di Indonesia?

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel retro Nokia 8110 versi 4G akhirnya diluncurkan di India. Perangkat yang dulu tenar sebagai ‘ponsel pisang’ itu dijual seharga INR6.000 atau setara Rp1,25 juta, di situs resmi Nokia India.

Tersedia dalam warna Hitam dan Kuning, Nokia 8110 4G merupakan generasi baru ponsel fitur yang menjalankan Kai OS. Sejak bulan lalu, platform sudah mendapat dukungan dari WhatsApp dan Google yang membawa sejumlah aplikasi utamanya termasuk Maps dan Asisten.

Ya, Nokia 8110 generasi baru mempunyai kemampuan GPS, tetapi tidak bisa melakukan navigasi dengan panduan suara. Bagaimana dengan Indonesia?

Kepada Selular.ID, HMD Global menegaskan pihaknya tidak akan memboyong Ponsel Pisang Nokia 8110 4G ke pasar Indonesia.

“Hingga saat ini, kami tidak punya rencana merilis ponsel pisang di Indonesia,” kata Sanmeet Singh Kocharr, Country Manager HMD Global Indonesia, saat ditemui Selular.ID di sela-sela acara Media Gathering Nokia di Bogor, Rabu (10/10/2018).

Menurut Sanmeet, setiap negara memiliki kebutuhan yang berbeda dan keinginan yang berbeda. Nokia memiliki banyak variasi produk di global, lalu dipilih yang mana yang cocok untuk masing-masing negara berdasarkan riset internal seperti kesukaan konsumen, fitur yang dibawa, dan harga.

“Ponsel Pisang adalah ponsel 4G, jadi akan lebih ditujukan ke pasar yang 4G-oriented,” ungkap Sanmeet.

Sanmeet memaparkan pasar ponsel fitur sangat besar di Indonesia. Penetrasi smartphone belum menyeluruh sehingga ponsel fitur sangat berperan penting di sini, terutama di kota-kota kecil, untuk menunjang produktivitas masyarakat.

Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan ketahanan baterai, nah ponsel fitur sangat tahan lama. Banyak orang pakai ponsel fitur karena baterainya.

”Kami akan terus mengeluarkan produk terbaru di lini ponsel fitur di Indonesia. Kami ada beberapa lineup untuk pasar Indonesia,” pungkas Sanmeet.

Latest