Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan memori RAM besar tentunya menjadi solusi terbaik agar terhindar dari kata lag saat menggunakan smartphone dengan berbagai kebutuhan.

RAM 3GB saat ini dinilai masih kurang memuaskan penggunanya, sehingga RAM 4 GB menjadi pilihan. Di pasaran, berbagai smartphone dengan RAM 4GB hadir cukup beragam, mulai dari harga Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan.

Kali ini SelularID coba memberikan lima pilihan untuk smartphone dengan RAM 4GB, dengan harga berisar Rp2 jutaan hingga Rp3 jutaan. Berikut pilihannya.

1Vivo Y83

Untuk kapasitas RAM yang disematkan adalah 4 GB. Sebagaimedia penyimpanan, smartphone ini memiliki memori internal berkapasitas 64 GB, lengkap dengan slot microSD hingga sebesar 256 GB.

Vivo Y83 sudah berjalan pada OS Android 8.1 Oreo yang dilapisi dengan tampilan antar muka Funtoch 4.0. Smartphone yang mengusung baterai berkapasitas 3.260 mAh ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Red, Aurora White, dan Black.

Vivo Y83 mengandalkan chipset MediaTek Helio P22 2.0 GHzsebagai otaknya. Selain itu terdapat pula GPU PowerVR GE8320 yang bertugas mengurusi sektor tampilan grafis. Untuk harga, Vivo Y83 dibanderol dengan harga Rp 3,2 jutaan rupiah.

2Infinix Zero 4 Plus


Smartphone Infinix didukung dengan RAM 4 GB / 32 GB. Infinix Zero 4 Plus sudah dibekali dengan chipset Helio X20 Performance Pro prosesor 64-bit dengan 10 inti prosesor. Untuk menyimpan data Infinix sudah menyediakan memori internal 32GB, dan dapat ditambah dengan menggunakan slot MicroSD yang sudah tersedia.

Infinix Zero 4 Plus memiliki ukuran layar 5.98 inci. Untuk kamera Infinix Zero 4 Plus didukung dengan kamera belakang yang memiliki resolusi 20.7MP dengan sensor Sony IMX 230 dengan true tone flash LED.

Sedangkan pada kamera depan, smartphone ini menggunakan lensa Wide Angle dengan resolusi 13MP lengkap dengan Soft LED Flash dan fitur Wide Selfie. Hasil foto yang dihasilkan oleh Infinix Zero 4 Plus termasuk sangat baik, dan jernih.

Infinix Zero 4 Plus dijual dengan harga Rp2,7 juta hingga Rp2,9 juta di pasaran.

3ASUS Zenfone 4 Selfie RAM 4 GB / 64 GB

ASUS Zenfone 4 Selfie, hadir dengan RAM 4GB dan storage internal 64GB yang dapat ditambahkan microSD.. Smartphone ini memiliki chipset yang sama dengan ASUS Zenfone 4 Max Pro, yakni Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz.

Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, ASUS juga telah menyematkan RAM 4GB.

Asus Zenfone 4 saat ini dijual dengan harga Rp2,2 juta.ASUS Zenfone 4 Selfie ini juga dilengkapi dengan dua kamera depan yang memiliki kombinasi 20MP + 8MP wide angle dan kamera belakang yang beresolusi 16MP.

Dua kamera depannya juga dilengkapi dengan LED Flash, fitur selfie panorama, beauty, GIF Animation dan portrait mode yang dapat menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Kamera belakang ASUS Zenfone 4 Selfie memiliki resolusi16 MP ditambah EIS (Electronic Image Stabilization), Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. ASUS menyematkan baterai berkapasitas 3.000 pada ASUS Zenfone 4 Selfie yang mampu bertahan sekitar 9 jam.

4Vivo V5

Vivo V5 bisa diadikan pilihan yang tepat untuk yang mendambakan smartphone Android murah serbaguna, karena selain memiliki RAM yang besar 4 GB Vivo V5 juga memiliki spesifikasi kamera cukup baik, yakni kamera depan dengan lensa beresolusi 20 mega pixel yang dilengkapi teknologi canggih dari Sony yang tentunya mampu memberikan hasil berfoto selfie nampak lebih cantik dan natural.

Sedangkan untuk kamera belakangnya Vivo V5 tidak kalah besar karena dibekali resolusi 13 mega pixel dengan teman-temannya yang mampu memberikan gambar nampak bening dan jelas.

Kamera dilengkapi berbagai fitur antara lain, PDAF, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR.

Vivo V5 hadir dengan ukuran layar 5,5 inci, ponsel ini memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels. Handset ini mengusung sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, dilengkapi chipset Mediatek MT6750. Untuk harga Vivo V5 dibandrol dengan harga Rp2 jutaan.

5Advan A8

Untuk pilihan terakhir adalah hadir dari brand Advan, yakni Advan A8. Dengan ukuran layar 5,5 inci, ponsel ini ditenagai prosesor quad-core MTK6750T 1,5GHz. Selain dibekali RAM 4GB juga didampingi dengan penyimpanan internal yang cukup besar yakni 32GB.

Ponsel tersebut juga memiliki dual kamera yakni 13 mega pixel dan 5 mega pixel, dengan kamera depan 8 mega pixel. Smartphone ini dibandrol dengan harga Rp2,1 jutaan