Jakarta, Selular.ID – Untuk meringankan beban masyarakat sekitar yang terdampak gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah Indosat Ooredoo melakukan serangkaian program kepedulian sosial, selain upaya pemulihan jaringan telekomunikasi yang masih terus dilakukan.

“Upaya pertama yang kami lakukan adalah melakukan berbagai upaya pemulihan layanan dan jaringan yang terdampak, mengingat komunikasi dibutuhkan pada saat-saat genting setelah gempa. Disusul kemudian dengan pengoperasian Mobil Klinik yang memberikan pertolongan pertama kepada korban gempa, terutama di masa tanggap darurat yang masih berlangsung saat ini,” ujar Joy Wahjudi, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Selanjutnya dikatakan Joy, Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan telekomunikasi gratis agar masyarakat yang terdampak dapat menghubungi dan memberi kabar kepada sanak saudaranya. Kami berharap kondisi segera berangsur baik dan masyarakat dapat segera menjalankan aktivitas normal kembali.

BACA JUGA:
Indosat Targetkan Palapa Nusantara Dua Rampung Mei 2020

Indosat Ooredoo masih terus berupaya memulihkan jaringan telekomunikasi yang terkendala karena ketiadaan daya listrik dan jaringan transmisi down. Tim teknis jaringan langsung terjun ke lapangan untuk mengatasi berbagai kendala agar site dan BTS dapat segera pulih di tengah ketiadaan daya listrik, kelangkaan bahan bakar serta beberapa kondisi medan/lokasi site yang rusak karena gempa.

Sementara itu, Indosat Ooredoo mengirimkan Mobil Klinik yang berada di Makassar dengan membawa tenaga medis dan petugas kesehatan. Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama 2 minggu di 12 titik tersebut meliputi layanan kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemulihan trauma untuk anak-anak, dan pembagian paket kebutuhan darurat. Penerima manfaat ditargetkan sebanyak 3.000 orang menerima layanan ini.

BACA JUGA:
Menjawab Tantangan Transformasi Digital Indosat Gelar CXO Forum

Selain bantuan kesehatan, Indosat Ooredoo memberikan telpon dan SMS gratis sampai dengan tanggal 14 Oktober 2018 ke semua operator, tanpa perlu mendaftar paket tertentu, dan bisa langsung dinikmati oleh pelanggan yang berada di wilayah bencana.

Selain memberikan bantuan kemanusian berupa layanan kesehatan dan layanan telekomunikasi gratis, Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business selaku penyedia layanan Teknologi, Komunikasi dan Informasi (ICT) bagi perusahaan/instansi di Palu & Donggala menyiapkan langkah-langkah guna memberikan bantuan dan dukungan bagi para instansi/perusahaan yang menjadi korban bencana.

BACA JUGA:
Indosat Berikan Komunikasi Gratis 1 juta Pelanggannya Untuk Banjir Madiun

Indosat Ooredoo Business akan bertemu dengan pihak instansi/perusahaan yang menjadi korban bencana menyiapkan beberapa langkah berupa penyiapan tim khusus guna menganalisa & memperbaiki kerusakan-kerusakan dari segi IT/komunikasi yang berdampak dari bencana serta menyiapkan telepon satelit guna membantu pihak instansi/perusahaan menjalin koordinasi.

“Kami berharap berbagai upaya ini akan bermanfaat dan membantu masyarakat yang terdampak bencana agar mereka dapat segera melewati masa-masa sulit tanggap darurat serta masa-masa pemulihan setelah bencana, sehingga dapat segera hidup dan beraktivitas secara normal kembali,” tutup Joy.