Jakarta, Selular.ID – Sebagai brand ponsel, Apple dan Samsung memang sempat menjadi brand yang saling kejar-kejaran dalam menempati industri ponsel, kedua brand ini menjadi produk jual yang disegani di pasar global.

Namun itu beberapa tahun lalu. Pasalnya, kedua brand ini mulai sedikit tersisih dari brand lain. Sebut saja posisi Apple digeser oleh Huawei. Ketiga vendor ini dikabarkan berebut pasar di segmen smartphone kelas atas alias flagship.

Setelah Huawei kini.OnePlus pun mengikutinya. Dilaporkan Slash Gear, OnePlus juga tak mau kalah meramaikan pasar smartphone premium.

Menurut laporan dari lembaga riset Counterpoint Research, ponsel flagship OnePlus berhasil mengungguli ponsel premium dari lini Samsung Galaxy atau iPhone Apple di India.

BACA JUGA:
Samsung Galaxy S10+ Contek 4 Fitur Huawei Mate 20 Pro

Kesuksesan OnePlus ini tak lepas dari strategi harga dan pendekatan di media sosial media.

Strategi harga diterapkan OnePlus dengan memanfaatkan momentum festival belanja Amazon Great Indian Festival Sale, yang masih berlangsung minggu ini.

Harga OnePlus 6 diturunkan 5.000 rupee (sekitar RP 1 jutaan) saat acara itu, hanya selang dua pekan sebelum perilisan OnePlus 6T yang akan dirilis 6 November mendatang. OnePlus juga berusaha lebih dekat dengan penggunanya melalui media sosial.

Lebih spesifik, laporan dari Counterpoint Research itu menyebut jika OnePlus 6 menjadi smartphone premium paling laris di India selama kuartal-III 2018, paling laris setelah lima bulan diluncurkan.

BACA JUGA:
Samsung Klaim Kuasai 68% Smartphone Premium Indonesia

OnePlus 6 yang rilis akhir Mei lalu, merengkuh pangsa pasar ponsel premium sebesar 30 persen. Baru di posisi kedua diduduki oleh Samsung Galaxy Note 9 sebanyak 14 persen dan smartphone kelas menengah Samsung, yakni Galaxy A8 Star sebesar 5 persen.

Memang, pencapaian ini belumlah se-global Huawei, namun pasar India tidak bisa diremehkan. India, menurut data terbaru dari New Zoo, menempati posisi kedua di bawah China sebagai pasar smartphone terluas di dunia.

Sehingga secara total, pangsa pasar ponsel Samsung di India mencapai 28 persen sedangkan Apple harus puas dengan pangsa pasar 25 persen di India, yang didongkrak oleh peluncuran iPhone XS dan iPhone XS Max awal September lalu.

BACA JUGA:
5 Kelebihan Vendor Cina Daripada Samsung

Sebagaimana diketahui Huawei berencana menhadirkan OnePlus 6T, sebagai penerus OnePlus 6. Tidak hanya itu, OnePlus sudah menyiapkan ponsel 5G, dan diklaim menjadi salah satu produsen pertama yang meluncurkan ponsel 5G pada 2019.

Smartphone 5G pertamanya adalah OnePlus 7, Pei Co-founder OnePlus dalam KTT 4G atau 5G Qualcomm, menjelaskan, mengenai rencana peluncuran smartphone 5G dan sedikit spesifikasi smartphone tersebut.

Dilaporkan The Inguirer, OnePlus 7 mengisyaratkan prospek kecepatan unduh supercepat pada handset tersebut.