Jakarta, Selular.ID – Setahun dikenalkan, Maps untuk OS Android Go, Maps Go, versi sederhana ini dilaporkan telah diunduh 10 juta kali. Mengingat aplikasi tersebut merupakan bawaan dari platform Android, mengindikasikan kemungkinan lebih dari 10 juta handset Android Go telah terjual.

Dilansir Android Police, Google berharap adopsi Android Go tumbuh seiring semakin bertambahnya kebutuhan ponsel Android berharga murah di negara-negara berkembang. Selain itu, orang-orang yang pindah dari feature phone ke handset Android Go, juga akan semakin mengenal ekosistem Android.

BACA JUGA:
Google Tambahkan Fungsi Pesan Bisnis di Maps

Google berharap, konsumen yang sudah mengenal Android melalui versi “Go” bisa beralih ke perangkat dengan spesifikasi lebih tinggi. Android Go merupakan versi sederhana Android, yang didesain untuk ponsel entry-level dengan RAM 1GB, atau 512B.

Ekosistem Android Go dilengkapi dengan deretan aplikasi Google yang dibuat khusus untuk platform tersebut, termasuk Google (layanan pencarian), Gmail, Maps, dan Google Assistant.

BACA JUGA:
Google Buang Belasan Game yang Disusupi Malware di Play Store

Menurut data Statista, rata-rata 329 juta handset Android terjual pada kuartal I dan II tahun ini, sehingga pangsa pasar Android Go diperkirakan sebesar 1,5 persen. Handset Android Go pertama kali diumumkan pada tahun ini.

Google telah memperkenalkan Android Go sejak Desember 2017. Android Go ini merupakan optimasi dari sistem operasi (OS) yang digunakan khusus untuk smartphone kelas entry dengan RAM 1 GB atau kurang.

BACA JUGA:
Google Maps Tampilkan Batasan Kecepatan Laju Kendaraan

Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir bahwa OS akan memperlambat kinerja keseluruhan dari smartphone kelas entry tersebut. Adapun aplikasi Google yang dimaksimalkan untuk Android Go ini terdiri dari Go platform, including Maps Go, Gmail Go, Assistant Go, dan lain sebagainya.