Jakarta, Selular.ID – Merespon tingginya minat atas solusi Internet of Things (IoT), XL Axiata meluncurkan satu platform IoT bernama FLEX IOT yang akan mempermudah para pengembang IoT untuk menciptakan suatu solusi digital berbasis IoT.

Untuk lebih mengenalkan produk terbaru ini, XL Axiata menggelar suatu kompetisi pengembangan solusi digital “Hackathon” bertema Smart Home, Smart City,dan Transportasi/Logistik, 15-16 September 2018 lalu, di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten.

Keunggulan platform FLEX IOT ini antara lain kompatibel dengan berbagai macam tipe perangkat IoT seperti Arduino dan Raspberry. XL Axiata berharap para pengembang solusi IoT, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, termasuk para pelaku riset, bisa menggunakan FLEX IOT untuk semakin mempercepat dan mempermudah mereka dalam membuat solusi IOT.

Kirill Mankovski, Chief Enterprise dan SME XL Axiata, mengatakan, platform ini mempermudah para para inovator untuk membangun dan mengembangkan solusi digital untuk berbagai keperluan, baik untuk bisnis maupun untuk kebutuhan masyarakat umum di seluruh Indonesia.

“Khusus di ranah bisnis, saat ini solusi IoT menjadi tren baru di sejumlah industri vertikal untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas,” kata Kiriil

Kirill menambahkan, selain sebagai ajang untuk mengenalkan platform IoT FLEX IOT, hackathon ini juga menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mendapatkan ide-ide dan inovasi baru yang diharapkan akan menjadi sebuah terobosan baru yang nantinya akan bisa bermanfaat dan diterima pasar dengan baik.

Pada ajang ini, semua peserta akan menggunakan platform FLEX IOT dalam mengembangkan ide-idenya menjadi solusi berbasis IoT. Selanjutnya, XL Axiata akan bekerja sama dengan para pemenang untuk mengembangkan dan mematangkan karya tersebut sehingga bermanfaat nyata bagi masyarakat luas.

Sebanyak 19 tim yang berasal dari berbagai daerah mengikuti ajang ini. Peserta terbagi dalam kategori mahasiswa dan umum. XL Axiata menyediakan hadiah total sebesar Rp 50 juta dengan hadiah utama sebesar Rp 10 juta untuk pelajar, dan Rp15 juta untuk peserta umum.

IoT Fleetech

Sementara itu, dalam event Indonesia Transport Supply Chain Logistics (ITSCL) di Jakarta, 12-14 September 2018, XL Axiata juga meluncurkan layanan berbasis IOT terbaru bernama Fleetech.

Layanan Fleetech ini akan memudahkan para pelaku usaha untuk mengoptimalkan proses manajeman armada transportasi mulai dari perencanaan, operasional, hingga pengawasan armada secara real time di mana pun dan kapan pun.

Dengan layanan ini, para pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktifivitas bisnis.

Keunggulan yang ditawarkan dari Layanan Fleetech yakni melalui perangkat IoT yang dipasang pada armada transportasi dan terintegrasi dengan system Fleetech yang berbasis cloud, para pengguna dapat memantau kendaraan yang tersebar di berbagai lokasi secara real time dan akurat, ditambah dukungan dari dashboard monitoring yang sangat mudah untuk digunakan dari perangkat desktop ataupun mobile.

Lebih dari itu, dengan Feetech bahkan penggunanya dapat juga secara akurat memantau kondisi kendaraan hingga cara berkendara pengemudinya.

Layanan ini sangat cocok diimplementasikan untuk perusahaan-perusahaan yang mengelola armada transportasi untuk berbagai kebutuhan, baik sekala kecil, menengah, maupun perusahaan besar sehingga bisa lebih fokus dalam meningkatkan produktivitas dan mempunyai daya saing yang lebih tinggi dalam lini bisnisnya.