Jakarta, Selular.ID – Tahun ini Apple resmi mengumumkan iPhone XS, XR, dan XS Max. Kali pertama dalam sejarah, Apple mengusung fitur Dual SIM Card di iPhone terbaru. Pada saat hampir bersamaan, Samsung pun mulai menyalin gradasi warna pada back cover yang lazim ditemukan di smartphone keluaran Tiongkok.

Dua fenomena itu seakan mengubah kebiasaan lama, di mana produsen handset asal Tiongkok acap kali menyalin desain Samsung atau Apple ketika meramu smartphone besutan mereka sendiri.

Sehingga tidak terlalu muluk bila sekarang kami menyebut OPPO Find X adalah kejutan terindah yang menawarkan penyegaran level tertinggi pada smartphone era modern.

Ketika melirik OPPO Find X Anda akan terpaku pada besaran layar yang mencakup seluruh permukaan bagian depan. Dengan rasio layar-ke-tubuh 93,8% (tertinggi untuk saat ini) memungkinkan bezel hampir lenyap dari panel depan dan kamera bersembunyi dibalik layar.

Bukan semata-mata mengandalkan hal-hal baru, OPPO Find X juga menggabungkan estetika penuh gaya dengan “organ dalam” luar biasa terutama paduan RAM 8GB dengan Snapdragon 845.

Highlight
– Tanpa bezel, desain super ramping
– Kinerja nomor wahid
– Kamera Pop-up
– Tidak ada NFC, microSD, dan jack audio
– Tidak ada fingerprint

Harga dan Ketersediaan

OPPO Find X sudah tersedia di Indonesia dengan opsi warna Glacier Blue dan Bordeaux Red per 8 Agustus melalui toko konvensional yang tersebar di nusantara dengan harga resmi Rp12.999.000.

Dengan banderol segitu, OPPO Find X merupakan smartphone paling berani dari OPPO hingga saat ini, baik dalam hal harga maupun fitur. Mekanisme anyar kamera pop up menjadi nilai jual utama perangkat dengan segudang hardware kelas atas.

Karena mungkin sebagian orang menganggap kamera pop-up OPPO Find X sebagai gimmick semata, akan tetapi Anda tidak bisa memungkiri kinerja tangguh dan kecantikan premium OPPO Find X yang membuatnya layak dipertimbangkan dalam kompetisi flagship bahkan bila dibandingkan dengan smartphone yang lebih mahal.

Fitur utama

• Layar penuh tanpa poni
• Kamera pop-up
• Spesifikasi high-end
• Pengenal wajah 3D

Layar AMOLED dan kamera pop-up menjadi nilai jual utama OPPO Find X, ditambah estetika ramping dan performa powerful.

Menariknya, kamera pop up, layar tanpa notch dan tanpa bezel diperkenalkan kali pertama oleh rival OPPO, Vivo melalui Vivo Nex. Namun OPPO-lah yang berhasil memboyong teknologi itu benar-benar sampai ke tangan konsumen.

Selain mekanisme kamera geser, layar menawan dan desain futuristik, hal lain yang mencuri perhatian khalayak ramai adalah penopang kekuatan OPPO Find X itu sendiri, yaitu kinerja.

OPPO Find X ditopang chipset Snapdragon 845 prosesor Octa-core dengan kecepatan hingga 2.8Ghz. Smartphone yang dijual di Indonesia memiliki RAM 8GB dan internal storage 256GB.

Tingkat kecepatan dalam pemrosesan, membaca grafis, dan daya tahan baterai OPPO Find X bisa diadu dengan smartphone lain dalam kisaran harga sama atau yang jauh lebih mahal, seperti Galaxy Note 9.

Desain dan Layar

• Layar AMOLED 6,4 inci
• 93,8% rasio layar-ke-tubuh
• Tidak ada pemindai sidik jari
• Tidak ada microSD atau headphone jack

Layar yang digunakan pada OPPO Find X sangat mengesankan. Layaknya smartphone unggulan Samsung, layar AMOLED sangat hidup dan cerah. Dan dengan ukuran 6,4 inci, menjadikan OPPO Find X sangat ideal untuk menonton konten media dengan resolusi tertinggi sekali pun.

Dua pilihan warna yang disediakan (Bordeaux Red dan Glacier Blue) tidak terlalu mencolok. Sepintas, Anda akan menganggapnya hitam glossy biasa. Akan tetapi jika Anda lihat dari dekat atau sedikit memiringkan perangkat, akan terlihatb seluruh permukaan belakang OPPO Find X dibatasi gradasi indah warna pilihan Anda.

Layar ‘Panoramic Arc’ dari OPPO Find X memiliki tepi melengkung yang sama dengan flagship Samsung Galaxy S9. Tepian landai itu dicerminkan pula pada bagian belakang dengan memukau.

Kombinasi dari sisi membulat dan bezel yang hampir tidak ada membuat pengalaman memegang OPPO Find X berbeda dengan smartphone lain. Serta absennya poni di dahi layar memungkinkan fitur unik: kamera geser.

Dikarena layar penuh tanpa poni, maka tidak ditemukan kamera, sensor, dan earpiece di bagian muka. Solusi OPPO adalah menyimpan semua aksesoris itu ke dalam rak geser bermesin motor yang secara otomatis muncul saat diperintahkan.

Pada acara peluncurannya di Jakarta (18/7/2018), Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wen mengatakan mekanisme motor pada OPPO Find X memiliki daya tahan lebih dari 300.000 kali penggunaan.

Dalam hitungan praktis, Anda bisa mengggunakan kamera pop up OPPO Find X sebanyak lebih dari 400 kali setiap harinya selama dua tahun.

Durasi dalam mengeluarkan kamera OPPO Find X pun terbilang cepat, kurang dari satu detik.

karena mekanisme sliding, kamera geser OPPO Find X sangat berpotensi kemasukan debu, yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan handset.

Namun OPPO mengatakan area kamera (depan dan belakang) sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.0, sama dengan panel permukaan depan dan belakang juga sudah perlindungan yang sama.


Untuk tata letak tombol atribut OPPO Find X cukup standar. Volume rocker dan tombol daya berada di sisi bersebrangan.

Anda mungkin akan merasa kehilangan karena tidak bisa menancapkan kabel headset melalui jack audio 3,5mm. Untuk mendengarkan audio dari media player OPPO Find X, Anda harus menggunakan earset/headset Bluetooth.

OPPO juga tidak memberi opsi ekspansi penyimpanan karena tidak ada slot kartu microSD serta. Namun storage internal 256GB menurut kami sudah sangat lega untuk menyimpan banyak file.

Mengikuti tren terkini, slot kartu SIM card OPPO Find X berformat nano yang terletak di bagian bawah. Yang unik, pengaturan letak dua SIM card saling membelakangi, sehingga terlihat hanya satu papan saja.

Slot SIM card berdampingan bersama speaker audio dan port Type-C untuk isi ulang daya dan transfer file melalui kabel data.

3D Face Recognition

Tanpa fingerprint, Face Unlock menjadi satu-satunya upaya pengamanan OPPO Find X. Namun teknologinya kian ditingkatkan sehingga kini sudah menggunakan teknik tiga dimensi (3D).

Pengenalan wajah pada OPPO Find X sama tajamnya seperti yang Anda temukan Samsung dan Apple, bahkan OPPO menggunakan pemindai inframerah yang memungkinkan pengguna tetap bisa membuka kunci layar smartphone meski dalam kegelapan.

Baterai

• Kapasitas 3.730 mAh
• Kinerja di atas rata-rata
• Pengisian Cepat VOOC sangat cepat

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, OPPO membuang port pengisian micro-USB lawas dan menggantinya dengan USB Type-C. Port anyar itu dipasangkan dengan teknologi OPPO VOOC Flash Charge yang memungkinkan sejumlah peningkatan.

Sebagai contoh, pengisian baterai dari 12% ke 87% bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Padahal kapasitas baterai OPPO Find X cukup besar, 3.730 mAh

Perusahaan terbukti melakukan optimalisasi guna membuat OPPO Find X bertahan satu setengah hari penggunaan, bahkan bisa sampai dua hari penuh jika aktivitas Anda bersama smartphone tergolong regular.

Dalam pengujian baterai PCMark Work kami, Find X mencetak 8 jam 4 menit, yang mengalahkan Galaxy S9 pada 7 jam 44 menit, dan HTC U12 + pada 6 jam 24 menit, dan Galaxy Note 9 dengan 4,000 mAh yang mencetak 8 jam 56 menit.

Sementara pengujian PCMark’s Work berfokus pada aktivitas prosesor dan RAM yang intensif, tes GFXBench yang kami jalankan menunjukkan baterai Find X terkuras lebih cepat ketika cranking GPU-nya, sehingga mereka yang mencari game di perjalanan mungkin harus menjadi sentuhan yang lebih konservatif jika mereka ingin mencapai hari kedua itu.

Kamera

• Kamera utama lensa ganda
• Kamera depan 25 MP
• Perindah yang ekstensif

Mengetuk aplikasi kamera di menu homescreen otomatis membuka kamera (pop up). Area yang muncul di bagian kepala smartphone itu dinamakan 3D Stealth Camera, mewadahi sejumlah instrumen, mulai dari kamera, infrared, sensor kedekatan, serta earpiece.

OPPO Find X dibekali kamera ganda di belakang, yakni 16MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 519. Dan kamera sekunder 20MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 376k.

Untuk keperluan selfie, OPPO Find X dibekali kamera depan 25 MP aperture f/2.0 dengan sensor IMX 576.

Sebagai flagship, semua fitur terbaru di kamera smartphone tahun 2018 bisa ditemukan di OPPO Find X. Semua mode foto dan video seperti bokeh, panorama, stiker, HDR, dan mode profesional untuk menangkap gambar diam, slow-motion dan time-lapse bergabung dengan video standar. Ada juga AI Recognition, AI Beautification, AR sticker, AI Portrait Mode, dan RAW HDR.

Anehnya, pengaturan regular tidak bisa ditemukan dari menu kamera. Setting kamera berada di menu System App yang ada di Setting. Anda bisa memilih opsi kualitas gambar/video dan penambahan watermark.

Khusus kamera depan ditemani fitur 3D structured light, Sensor HDR, 3D Omoji, 3D AI Beauty Technology, dan AI Portrait Mode. Kami menguji hampir semua fitur OPPO Find X mulai dari bokeh, slo-mo, monochrome, time-lapse, sampai “Beauty”.

Di luar beberapa pengaturan kecantikan-kecantikan yang standar, ada juga sejumlah fitur baru yang jauh lebih personal seperti ‘dermabrasi/memutihkan wajah’, ‘merampingkan wajah’, dan ‘memutihkan gigi’.

Tidak lupa ada pengaturan kecantikan dengan kemampuan 3D (khusus kamera depan). Teknologi ini memungkinkan Anda untuk membuat semacam topeng model 3D (Oppo menyebutnya ‘Custom 3D Beautified Look’) yang menggunakan AI untuk menerapkan banyak fitur ‘Delicacy’, ‘Loli’, ‘Model’, dan tentunya ‘Natural’.

Selain 3D Beautified, kamera depan OPPO Find X juga sangat memukau dengan sejumlah mode baru yang akan diminati para selfie-mania. Sedangkan untuk kamera utama dual-lensa, hasil jepretannya setara dengan flagship Android lain.

Kecerdasan buatan pada OPPO Find X bisa mendeteksi bidikan objek dengan baik, dan menyesuaikan pengaturan gambar dengan tepat apakah Anda menangkap langit biru, teks, di dalam ruangan, atau lanskap.

Melalui kamera belakang OPPO Find X, Anda juga bisa mengetahui merek barang, harga, dan di mana bisa membelinya, serta produk sejenis. Pasalnya, OPPO telah bekerja sama dengan Google Lens dalam mendeteksi objek.

Kinerja

• Snapdragon 845 dengan RAM 8GB
• Adreno 630 solid untuk bermain game
• Tanpa NFC

Seperti yang kami sebutkan di atas, OPPO Find X dijejali hardware unggulan di komponen internal, sehingga menguntungkan di segala lini.

Qualcomm Snapdragon 845 masih merupakan chipset yang belum terkalahkan untuk handset Android saat ini, ditambah RAM 8GB, ini adalah kombinasi paling top.

Saat Selular.ID menguji kinerja menggunakan Antutu Benchmark v7.1.0, OPPO Find X memiliki skor tertinggi dengan 9.780, yang artinya sangat tinggi.

Skor OPPO Find X pada pengujian Geekbench 4.3.0 untuk single dan multi-core juga mengesankan, yakni 2.293 dan 7.832.

Angka itu artinya, OPPO Find X berkemampuan luar biasa untuk melakukan tugas harian dan tetap unggul di penugasan yang lebih berat. Untuk kecakapan grafis, Adreno 630 GPU adalah yang terbaik di ranah smartphone.

Kesimpulan

Berdasarkan pengujian Selular.ID selama tujuh hari, OPPO Find X berhasil menembus batas smartphone modern dan memberi kejutan termanis dari flagship kontemporer.

Desain ramping dan indah, layar penuh AMOLED tanpa poni yang bezel-less, mekanisme kamera pop up yang inovatif, hardware top-tier, dan kinerja hebat, menjadikan OPPO Find X alternatif premium untuk flagship Samsung dan Apple.

Bagian internal membuat OPPO Find X smartphone yang sangat mumpuni: Snapdragon 845, RAM 8GB, dan GPU Adreno 630 merupakan kombo yang mematikan.

Sebagai pengingat, OPPO Find X tidak memiliki NFC, jack headphone, water resistance, dukungan kartu microSD atau pemindai sidik jari.

Alternatif

Samsung Galaxy Note 9 memuncaki handset Android saat ini. Perangkat mempunyai spesifikasi top-end dan tampilan cantik menjadi sasis ramping khas Samsung.

Untuk harga yang sama, Huawei P20 Pro juga menawarkan banyak kinerja dan keindahan yang sama seperti OPPO Find X. Berkinerja kuat dengan kamera belakang tiga lensa dan spesifikasi top-notch, ini mungkin adalah Android non-Samsung terbaik saat ini.

OPPO Find X sendiri menawarkan handset paling menarik di pasar saat ini (kamera pop up) terutama jika Anda menginginkan estetika iPhone X dengan fungsi Android.

 

Spesifikasi

Dimensi dan bobot : 156.7 x 74.2 x 9.4 mm
Layar : Full View IPS 6 inci, resolusi Full HD+ (2160×1080), aspek rasio 18:9, serta Front 2.5D curved glass display pada layar
Kamera utama : 16MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 519, dan kamera sekunder 20MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 376k
Kamera selfie : 25MP aperture f/2.0 dengan sensor IMX 576
Penyimpanan : RAM 8GB, ROM 256GB
Baterai : 3730mAh
Sistem Operasi : Android 8.1 Oreo dengan ColorOS 5.1
Chipset : Qualcomm Snapdragon 845
CPU : Octa-core berkecepatan 2.8GHz
GPU : Adreno 630
Konektivitas : Jaringan 4G/3G/2G, WLAN 802.11 b/g/n 2.4GHz, Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi direct dan port USB Type-C
Fitur lain : AI Camera, 3D Camera, 3D Face Recognition, 3D Stealth Camera
Sensor : Accelerometer, proximity, compass, gyroscope dan ambient light sensor
Warna : Glacier Blue dan Bordeaux Red
Harga : Rp 12.999.000