Jakarta,Selular.ID – Di iPhone X, Apple menyematkan teknologi pengenal wajah Face ID. Teknologi seperti ini tidak hanya dimiliki iPhone X.Beberapa brand smartphone Android pun membekali teknologi sejenis. Namun dengan adanya teknologi tersebut, membuat harga perangkat menjadi mahal.

Sehingga teknologi ini hanya tersedia untuk smartphone premium, sebut saja Oppo Find X.

Melihat itu, MediaTek, dikabarkan akan coba menghadirkan chip prosesor yang umum digunakan smartphone Android level menengah, lalu mengaplikasikan teknologi ala Face ID iPhone X di ekosistem Android. Dengan harga lebih murah.

Dilaporkan GSM Arena, ada kemungkinan ponsel di segmen low end, juga bisa menikmati fitur tersebut ke depannya. Hal itu berkat teknologi  bernama Active Stereo Depth yang disebut akan kompatibel dengan chip Helio P60 dan Helilo P22.

Active Stereo Depth Engine sebenarnya sudah terpasang di Helip P60 dan Helio P22 untuk mengoptimasi fitur kamera dengan mode bokeh dan beauty.

Meski begitu, MediaTek tetap percaya diri jika solusi yang lebih praktis dan irit, tetap bisa menyamai kinerja Face ID di iPhone X. Mereka masih akan memanfaatkan kamera depan nantinya.

Kamera depan akan digunakan sebagai rumah proyektor infrared, dua set lensa infrared, algoritma facial recognition yang didukung software machine learning dan komponen depth-of-field acceleration.

MediaTek belum mengungkapkan kapan perangkat pertama yang menggunakan teknologi Active Stereo Depth pertama akan diluncurkan. Mereka juga tidak menyebut berapa jumlah chip yang terpasang Active Stereo Depth Engine akan diproduksi.

Face ID di iPhone X bekerja lewat cara memproyeksikan dan menganalisi lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk membuat peta wajah dengan pretisi mendalam.