Jakarta, Selular.ID – Smartphone terbaru Nokia 1 bisa menyulap kapasitas Micro SD menjadi ruang penyimpanan internal. Dengan begitu, aplikasi yang diunduh di Nokia 1 bisa disimpan di kartu memori eksternal.

“Kalau kita masukkan eksternal, akan diformat dengan opsi mau jadi portable atau internal. Saran saya pilih internal. Setelah proses format, micro SD akan menjelma menjadi internal storage,” ungkap Irvan Ridha Hasibuan, Trainer Lead Nokia Indonesia, pada acara peluncuran Nokia 1 di Indonesia, di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

BACA JUGA:
Selamat Tinggal, WhatsApp Hengkang dari Nokia S40

Irvan menerangkan, Nokia 1 mempunyai ruang penyimpanan internal 8GB. Ketika dimasukkan kartu Micro SD 64GB misalnya, kapasitas internal storage-nya menjadi 72GB.

“Biasanya kartu eksternal hanya bisa digunakan untuk menyimpan foto dan video. Sementara unduhan file dan aplikasi tersimpan di internal storage. Dengan begitu, pengguna Nokia 1 bisa menyimpan aplikasi di kartu eksternal,” papar Irvan.

Nokia 1 dengan Android Oreo Go Edition baru saja edar resmi di Indonesia dengan harga Rp999.000. Ditujukan bagi pengguna baru smartphone yang beralih dari feature phone, Nokia 1 mengusung lembar spesifikasi seadanya.

BACA JUGA:
Diam-Diam, Nokia 5.1 Plus Mendarat di Indonesia November 2018

Perangkat dibekali ruang penyimpanan pas-pasan, mulai dari RAM 1GB dan ruang penyimpanan 8GB. Tapi Nokia 1 mempunyai slot tambahan untuk kartu Micro SD yang mampu membaca hingga 128GB.

Nokia 1 sendiri menampilkan layar IPS berdiagonal 4,5 inci resolusi 480×854 piksel. Smartphone disokong prosesor Quad-core 1.1GHz dengan chipset MT6737 besutan Mediatek.

Untuk kebutuhan foto, Nokia 1 dibekali kamera depan 2MP dan kamera belakang 5MP. Sudah mengusung Dual SIM card hybrid. Nokia 1 memiliki baterai yang bisa dilepas berkapasitas 2150mAh yang bisa bertahan hingga seharian penuh.

BACA JUGA:
Windows Phone Tamat, Nokia Tidak Pengaruh

Di Indonesia, Nokia 1 hanya tersedia untuk penjualan di toko offline dalam dua warna Warm Red dan Dark Blue.