Jakarta, Selular.ID – WhatsApp beberapa waktu lalu mengumumkan akan membatasi berapa kali pesan dapat diteruskan.

Hal ini dilakukan WhatsApp terkait peristiwa pembunuhan massal yang setidaknya telah menewaskan 18 orang di India sejak April 2018. Beberapa media lain bahkan menyebutkan jumlah korban tewas sebenarnya lebih banyak.

Dengan membatasi berita yang diteruskan, ini demi mengurangi penyebaran informasi palsu pada aplikasi perpesanan instannya.

BACA JUGA:
WhatsApp Bikin Beragam Stiker di Keyboard Google

Sesuai janjinya, akhirnya WhatsApp melakukan pembaruan WhatsApp  di iOS versi 2.18.81 yang mulai disebar bagi pengguna iPhone di India.

Pembaruan tersebut akan mulai membatasi jumlah pesan terusan (forwarded) sebanyak lima kontak saja dalam satu waktu.

Jika pengguna memilih lebih dari lima kontak, maka akan muncul notifikasi berupa pop-up yang menginformasikan bahwa pengguna sudah mencapai batas maksimal. Seperti dilaporkan Gadgets Ndtv.

BACA JUGA:
Berikan Keamanan Lebih, WhatsApp Kenalkan Fitur Fingerprint

Pembatasan dan pencopotan shortcut tersebut baru mulai berlaku di India, yang memang menjadi perhatian WhatsApp soal peredaran hoaks yang merajalela.

Dalam postingan blognya bulan lalu, WhatsApp menyampaikan jika India menjadi negara yang paling masif meneruskan pesan, foto, dan video dibanding negara manapun,

Belum jelas apakah jumlah maksimal pesan terusan akan sama di semua negara atau tidak. Sebelumnya, WhatsApp sesumbar jika selain India, negara lain akan menerima pembatasan pesan terusan hingga 20 kontak.

BACA JUGA:
Foto Pribadi Bisa Jadi Sticker di WhatsApp, Ini Caranya

Di Indonesia sendiri pesan yang diteruskan sudah diberikan tanda tertulis forwaded, namun apakah juga akan dibatasi seperti di India? Sepertinya hal tersebut masih menunggu perkembangannya.