Mobil Hantu Telkomsel

Jakarta, Selular.ID – Telkomsel menghadirkan kendaraan autonomus untuk sebagai bagian dari implementasi trial jaringan seluler terdepan 5G yang akan digunakan di masa mendatang. Kendaraan tanpa pengemudi ini akan mengantar para pengunjung yang hadir selama gelaran Asian Games 2018 berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Sesuai namanya, mobil otonom ini mampu berjalan sendiri secara otomatis tanpa pengemudi. Kemampuan kemudi otomatis ini tentunya didukung jaringan 5G milik Telkomsel.

Mobil Autonomous Telkomsel

“Kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno,” ungkap Indra Mardiatna, Vice President Technology & system Telkomsel.

Kendaraan yang kini sedang viral disapa mobil “hantu” ini membutuhkan jaringan dengan latensi rendah sebesar 1 millisecond. Kecepatan transfer data sebesar 20 Gbps agar dapat melakukan komunikasi dengan kendaraan lainnya serta menghubungkan infrastruktur dengan perangkat serta memastikan mobilitas tanpa hambatan.

BACA JUGA:
Mbanking Telkomsel Kini Hadir dalam Bentuk Aplikasi

Anda dapat mengelilingi seputaran pintu 2 GBK selama 15 menit. Mobil “hantu” ini beroperasi di area booth Telkomsel 5G Experience Center yang berada di dekat pintu 2 GBK.

Mobil “hantu” ini sendiri diproduksi oleh produsen otomotif asal Perancis, Navya. Arsitektur jaringan dan teknologi yang melengkapi mobil ini dikembangkan oleh Telkomsel bersama dengan ST Engineering dari Korea.

Mobil ini menggunakan penggerak listrik dengan daya Battery Pack kapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam. Pengisian daya dilakukan dengan cara di charge selama 7-8 jam.

Navya memiliki panjang 4.750 mm, lebar 2.110 mm, tinggi 2.650 mm serta bobot bobot kosong 2.400 kilogram. Mobil ini dilengkapi 5G live streaming. Kemampuan mobil otonom tersebut dimungkinkan dengan teknologi Artificial Intelligent (AI) dan 5G yang memiliki High throughput hingga 20 Gbps serta Low latency (1 millisecond).

Bagian Dalam Mobil Hantu Telkomsel

Kami Redaksi Selular berkesempatan mencoba kecanggihan mobil hantu Telkomsel ini. Mobil ini mampu berjalan secara otomatis dengan sistem yang sudah program. Jika mobil sudah terisi penuh, maka tour guide langsung mengoperasikan mobil ini melalui sebuah tablet.

BACA JUGA:
Video Streaming Kontribusi Tertinggi Trafik NARU Telkomsel
Tour guide menjelaskan mengenai Mobil Hantu Telkomsel

Mobil ini mampu menampung 12 orang. Di dalamnya terdapat 8 kursi. Sedangkan 4 orang lagi bisa berdiri di dalam mobil ini.

Terdapat kamera 360 derajat yang bisa memantau situasi di dalam kabin mobil ini ddan juga berfungsi untuk memberikan hiburan bagi pengunjung yang berkesempatan menjajal mobil tersebut. Hadir pula beberapa kamera yang disematkan di bagian dalam mobil ini. Kemudian hasil rekaman dari kamera tersebut ditampilkan di sebuah monitor yang terdapat di dalam mobil ini.

Kamera 360 di dalam mobil Hantu Telkomsel

Mobil ini juga disisipi perangkat GPS pada bagian atas mobil, yang mampu memberikan petunjuk arah mobil sesuai mapping tujuan saat berjalan. Untuk perangkat keselamatan juga disediakan di mobil ini seperti kotak medis dan pemadam kebakaran.

Perangkat GPS di dalam Mobil Hantu Telkomsel

“Mobil ini mendeteksi jarak depan dan belakang sekitar 3 meter. Untuk jarak kanan dan kirinya 1 meter. Mobil ini mampu berjalan dengan jarka tempuh 30km/jam,” jelas salah satu tour guide.

Mobil ini bisa berhenti sendiri jika di sekitarnya ada objek seperti manusia, kendaraan lain dan sebagainya. Sistem rem otomatis nya cukup akurat ketika mendeteksi objek. Rem nya juga cukup pakem.

BACA JUGA:
Telkomsel Perbarui Layanan Mobile Banking

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir saat berada di dalam mobil hantu ini. Mobil otonom ini sudah didesain sedimikian rupa dan mengedepankan sistem keamanan. Untuk pengunjung GBK yang bertemu mobil ini tak perlu khawatir akan tertabrak.

Ketika sudah sampai tujuan mobil ini mampu berhenti dan parkir sendiri.

Kami juga meminta testimoni dari para pengunjung GBK yang berkeliling menggunakan mobil ini juga.

Penumpang Mobil Hantu Telkomsel

“Saya memang tertarik mencoba mobil autonomus. Sangat nyaman ketika mencobanya. Mobil ini bisa ngerem sendiri jadi tak khawatir menabrak kendaraan lain atau orang,” tutur salah satu penumpang mobil otonom, Hani.

Bagaimana ? Tertarik mencoba mobil hantu Telkomsel ? Silahkan kunjungi Telkomsel 5G Experience Center, di dekat pintu 2 GBK, Senayan, Jakarta selama gelaran Asian Games berlangsung hingga tanggal 2 Agustus 2018. Sebelum mencobanya, Anda harus mendaftar pada aplikasi Telkomsel Asian Games yang dapat didownload melalui Google Playstore.