bootloop adalah, kondisi bootloop android

Jakarta,Selular.ID – Google dilaporkan telah menggulirkan update sistem operasi Android terbaru penerus Android Oreo.

Semenjak diumumkan pada konferensi Google I/O 2018 bulan Mei lalu, beberapa informasi terkuak, bahwa Android P adalah Pistachio, namun informasi lain mengatakan bahwa Android P adalah Pie.

Kini Google telah resmi mengungkapkan kepanjangan dari huruf P di nama sang OS, yakni Pie.

Seperti diberitakan Engadget, Android Pie membawa beberapa pembaruan. Salah satu fitur baru yang hadir pada Android P adalah navigasi berbasis gestur atau ketukan dan usapan di layar. Fitur ini menjadi pengganti tombol-tombol dasar yang biasanya ditemukan di ponsel Android seperti home, back dan recent apps.

BACA JUGA:
Google Kembangkan Teknologi eSIM untuk Semua Smartphone Android

Pada Android P, tombol-tombol dasar tersebut dihilangkan dan diganti dengan tombol strip kecil pada bagian bawah. Pada tombol strip inilah pengguna bisa menggunakan gestur usapan sebagai navigasi pengganti tombol dasar.

Untuk menggunakan navigasi dasar ini adalah, pengguna cukup mengetuk sekali saja tombol strip pada bagian bawah. Secara otomatis pengguna akan dibawa menuju tampilan homescreen.

Kemudian, untuk membuka recent apps, biasanya pada bagian kanan atau kiri tombol homescreen. Namun karena pada Android P ini hanya ada satu tombol strip, maka semua berpusat pada tombol ini.

BACA JUGA:
Youtube Tidak Lagi Bisa Share Otomatis ke Google+ dan Twitter

Caranya, pengguna cukup mengusap tombol strip ke bagian atas. Secara otomatis akan muncul beberapa aplikasi yang tengah dibuka oleh pengguna.

Kemudian untuk berganti dua aplikasi berbeda dengan cepat, pengguna bisa mengakses dua aplikasi yang berbeda dengan cepat, dengan mengetuk dua kali tombol recent apps.

Pada Android P, pengguna cukup mengusap tombol strip ke sisi kanan untuk mengakses aplikasi terakhir yang tengah dibuka.

Kemudian untuk tombol back, tombol ini hanya akan muncul ketika pengguna membuka sebuah aplikasi. Tombol tersebut akan muncul di sisi kiri bawah layar, bersebelahan dengan tombol strip sebagai pusat navigasi.

BACA JUGA:
Chrome Rilis Fitur Untuk Singkirkan Iklan yang Halangi Konten

Pengguna akan menemukan tombol kecil yang berfungsi sebagai tombol back. Namun jika pengguna tengah berada pada tampilan homescreen, tombol ini tidak akan muncul.

Selain pembaruan diketuk dan diusap, Android Pie dibekali sejumlah fitur anyar, seperti dark mode resmi yang akan mengubah tampilan UI menjadi serba gelap.

Android 9 Pie sendiri mulai tesedia dalam versi official release hari ini. Namun, OS ini baru hadir untuk seri smartphone Pixel besutan Google lewat update over-the-air.Update Android P untuk ponsel merek lain akan menyusul belakangan.