Jakarta,Selular.ID – Google telah mengumumkan Android P yang sempat menjadi teka-teki. Rasa penasaran itu terjawab sudah, bahwa P yang dimaksud adalah Pie. Setelah diumumkan, kini sejumlah vendor bersiap mengirimkan pembaruan sistem operasi ini ke ponselnya.

Dilaporkan Android Central, beberapa brand ponsel mengumunkan seri-seri apa yang akan mendapatkan update Android 9 Pie. HTC dalam cuitannya di Twitter mengumumkan jajaran ponsel yang akan mendapatkan update Android 9 Pie dalam waktu dekat. Ada empat ponsel yang disebutkan, yakni HTC U11, U11+, U11 Life (Android One) dan U12+.

Vivo pun tidak ingin ketinggalan yang memastikan akan mengirimkan pembaruan Android terbaru mulai kuartal empat 2018 salah satunya adalah X21.

Lalu ada LG. Brand ini pun dikabarkan akan melakukan update Android 9, namun untuk saat ini masih terbatas pada tipe-tipe tertentu saja, di antaranya adalah LG G6, LG G7, LG V20 ThinQ, LG V30, dan LG V30S.

BACA JUGA:
Januari, Asus ZenFone 5 Series di Indonesia Terima Android 9.0 Pie

Ponsel pintar berikutnya yang juga dapat meng-update OS ke Android Pie adalah smartphone OnePlus. Tiga tipe smartphone OnePlus yang dapat menggunakan update Android 9 Pie adalah OnePlus 6, OnePlus 5T, dan OnePlus 5.

Kemudian smartphone Google, empat tipe smartphone Google yang mendapat upgrade tersebut adalah Pixel, Pixel 2 XL, Pixel 2, dan Pixel XL.

Untuk Huawei, smartphone keluaran Cina yang kabarnya mampu mengalahkan dominasi Iphone ini, juga mendapatkan kesempatan untuk mengupdate OS ke Android Pie. Smartphone Huawei yang support update OS Android Pie adalah Huawei P20, Huawei P20 Pro, Huawei P10, Huawei Mate 9, dan Huawei Mate 10.

BACA JUGA:
HMD Sengaja Tunda Update Pie Demi Penjualan Nokia 8.1

Sementara Sony memastikan ada enam perangkat yang akan mencicipi manisnya Android 9 Pie. Vendor asal Jepang ini bakal mengirimkan pembaruan tersebut perangkat tersebut mulai September 2018. Adapun enam ponsel yang dimaksudkan meliputi Xperia XZ2, XZ2 Compact, XZ2 Premium, XZ1, XZ1 Compat dan XZ Premium.

Nokia pun telah memastikan semua ponsel garapannya akan memdapatkan pembaruan Android 9 Pie. HMD Global sebagai sang pembuat berencana mengirimkan update mulai Agustus ini.

Seperti diberitakan Android Pie membawa beberapa pembaruan. Salah satu fitur baru yang hadir pada Android P adalah navigasi berbasis gestur atau ketukan dan usapan di layar. Fitur ini menjadi pengganti tombol-tombol dasar yang biasanya ditemukan di ponsel Android seperti home, back dan recent apps.

BACA JUGA:
Nokia 5.1 Plus Mulai Terima Android Pie

Pada Android P, tombol-tombol dasar tersebut dihilangkan dan diganti dengan tombol strip kecil pada bagian bawah. Pada tombol strip inilah pengguna bisa menggunakan gestur usapan sebagai navigasi pengganti tombol dasar. Untuk menggunakan navigasi dasar ini adalah, pengguna cukup mengetuk sekali saja tombol strip pada bagian bawah. Secara otomatis pengguna akan dibawa menuju tampilan homescreen.

Kemudian, untuk membuka recent apps, biasanya pada bagian kanan atau kiri tombol homescreen. Namun karena pada Android P ini hanya ada satu tombol strip, maka semua berpusat pada tombol ini.