Jakarta, Selular.ID – Belum satu tahun, Nokia membuktikan mereknya memiliki taji. Hari ini HMD Global, pemegang merek smartphone Nokia, mengumumkan perangkatnya sudah menjadi Top 5 Brand Smartphone di 15 negara.

“Hanya dalam satu tahun, HMD Global punya jutaan pengguna yang puas di 170 lokasi di seluruh dunia. Dan menjadi Top 5 Smartphone Brands di lebih dari 15 negara di dunia,” kata Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia, pada peluncuran Nokia 1 di Indonesia, di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Di Indonesia, Miranda mengaku belum mencapai Top 5 merek smartphone, tapi sedang menuju kesana.

BACA JUGA:
Gandeng Pixelworks, Nokia Perbanyak Tampilan HDR

Berbeda dari data internal HMD Global, Counterpoint menyebut Nokia masuk dalam daftar Top 10 brand smartphone dunia untuk periode tiga bulan kedua 2018.

Dalam laporan Q2 2018 lembaga riset global itu, Nokia disebut menempati posisi 9 untuk merek smartphone dunia dan posisi ketiga di ranah feature phone.

Hari ini untuk pasar Indonesia HMD Global resmi meluncurkan smartphone Nokia 1 yang merupakan smartphone global pertama yang mengusung Android Oreo Go Edition.

BACA JUGA:
Nokia Diam-Diam Siapkan Smartphone Layar Lipat?

“(Smartphone) Go Edition sebelummya mungkin sudah ada (di Indonesia). Tapi Nokia adalah brand global pertama,” imbuhnya.

Miranda mengaku Nokia 1 sudah edar sejak tiga minggu lalu di toko offline dengan harga Rp999.000. Di segmen feature phone, Nokia masih kuat jalur distribusinya di Indonesia.

“Sasarannya adalah pengguna setia feature phone Nokia yang banyak berada di kota-kota tier 2 dan tier 3 dan pindah ke smartphone,” ungkap Miranda.

Jadi, Nokia 1 semacam ‘jembatan’ bagi orang yang biasa menggunakan feature phone dan pindah ke smartphone. Selain itu, Nokia 1 juga menyasar kalangan milenial.

BACA JUGA:
HMD Global Rilis Nokia 1 Plus, 3.2 dan 4.2

“HMD Global ingin menunjukkan kalau produk affordable bukan berarti kinerjanya rendah. Produk terjangkau bisa juga mumpuni,” terangnya.

HMD Global telah melakukan optomisasi pada produk yang harganya hanya Rp999.000. “Karena kita targetnya Nokia 1 bisa create market share,” ucap Miranda.

Sebelum Nokia 1, di Indonesia HMD Global telah meluncurkan lima smartphone yang mengusung Android murni, aman, dan up-to-date. Mereka adalah Nokia 2, 3, 5, 6, dan 8, yang semuanya masih bisa ditemukan di pasaran.