Friday, September 21, 2018

Duel Huawei Nova 3i VS Oppo F7, Unggul Mana?

Jakarta, Selular.ID – Teknologi Artificial Intelligence (AI) kecerdasan buatan memang tengah diadopsi oleh sejumlah smartphone. Teknologi AI ini membuat smartphone semakin pintar. Mulai dari mengenali objek foto, mendeteksi objek wajah ketika foto, mendeteksi wajah ketika menggunakan face unlock, AI pada baterai, voice assistant, penterjemah real time, menyesuaikan kecerahan layar dan lainnya dihadirkan teknologi AI ini.

Melalui teknologi AI, pengoperasian smartphone semakin akurat dan cepat. Vendor smartphone seperti Huawei dan Oppo turut mengadopsi teknologi AI ini untuk smartphone mereka. Teknologi AI ini diadopsi oleh ponsel terbaru Huawei yakni Nova 3i dan smartphone anyar Oppo F7.

Kali ini kami Redaksi Selular.ID berkesempatan mereview Huawei Nova 3i dan Oppo F7. Selain teknologi AI, desain notch juga masih diadopsi oleh kedua ponsel ini.

Dari segi spesifikasi dan fitur jelas berbeda. Mulai dari layar, kamera, baterai, storage dan fitur lain tentu berbeda.

Secara keseluruhan, kesamaan Huawei Nova 3i dengan Oppo F7 meliputi teknologi AI, desain notch, RAM, OS dan harga. Keduanya sama-sama didukung OS Android 8.0 Oreo dan RAM 4GB.

Oppo F7 tersedia dalam dua varian RAM yakni 4GB dan 6GB. Kali ini Redaksi Selular.ID mereview Oppo F7 RAM 4GB. Untuk Huawei Nova 3i hanya hadir dalam satu varian RAM sebesar 4GB.

Ketika awal dirilis, harganya sama-sama dibanderol Rp4.199.000. Huawei Nova 3i diluncurkan baru-baru ini, tepatnya 31 Juli 2018. Sedangkan Oppo F7 dirilis pada 17 April 2018.

Keduanya juga berasal dari negara yang sama yakni China. Huawei Nova 3i dan Oppo F7 yang kami review kali ini varian warnanya sama yakni Hitam.

Ingin tahu komparasi Huawei Nova 3i vs Oppo F7? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Dari segi desain, Huawei Nova 3i mengusung konsep notch, berbeda dengan Nova 2 Lite yang diluncurkan terlebih dahulu, beberapa waktu lalu, tak menggunakan konsep notch ini. Tapi ukuran notch Huawei Nova 3i sedikit lebih besar daripada Oppo F7.

Karena notch Nova 3i menampung dual selfie camera beresolusi masing-masing 24MP dan 2MP serta speaker receiver. Sedangkan notch F7 hanya ditempatkan sebuah kamera selfie beresolusi 25MP dan speaker receiver. Keduanya juga memiliki bentuk persegi panjang dengan sudut lengkung.

Sama-sama warna hitam, Huawei Nova 3i mengusung warna hitam polos sehingga terlihat lebih elegan. Sesuai namanya Diamond Black, Oppo F7 memiliki tekstur seperti berlian dikombinasikan gradasi warna sehingga terlihat lebih unik.

Bagian belakang Huawei Nova 3i dan Oppo F7 (Redaksi Selular.ID)

Soal warna masalah selera. Ada yang suka hitam polos maupun diamond black.

Baik Huawei Nova 3i dan Oppo F7 menggunakan material body yang sama. Frame-nya menggunakan bahan aluminium serta sisi depan sisi belakangnya dibalut material kaca.

Kami pun menguji ketahanan material kaca dengan menggoreskan pisau di bagian depan dan belakang Huawei Nova 3i dan Oppo F7. Tebukti, kedua ponsel ini tahan terhadap goresan dan tidak lecet sedikit pun.

Karena menggunakan kaca, kedua ponsel ini agak licin saat digenggam. Sebaiknya gunakan cover pelindung sehingga tidak terjatuh ketika digenggam.

Huawei Nova 3i memiliki berat 170 gram dan dimensi 157,6 x 75,2 x 7,6 mm. Sedangkan Oppo F7 memiliki berat 164 gram dengan dimensi 156 x 75,3 x 7,8 mm.

Huawei Nova memiliki dimensi yang lebih luas karena mengusung layar yang lebih besar yakni 6,3 inci. Sementara Oppo F7 dibekali layar 6,23 inci.

Walaupun memiliki bobot dan dimensi lebih luas ketimbang Oppo F7, Nova 3i cukup nyaman ketika digenggam. Tidak terlalu berat dan pas di genggaman tangan. Ketika dimasukkan ke saku pun, Huawei Nova 3i masih terasa pas.

Sudut melengkung pada Huawei Nova 3i menambah kenyamanan ketika digenggam. Begitu pula ketika menggenggam dan memasukkan ke saku, Oppo F7 terasa nyaman.

Bagian depan Huawei Nova 3i (Redaksi Selular.ID)

Layar seluas 6,3 inci terpampang di bagian depan Huawei Nova 3i. Di atasnya terdapat notch sebagai wadah kamera selfie ganda 24MP+2MP, speaker receiver, LED notification dan sensor proximity. Tombol fisik absen dari Huawei Nova 3i ini selayaknya ponsel notch pada umumnya.

Bagian belakang Huawei Nova 3i
(Redaksi Selular.ID)

Kamera utama ganda beresolusi 16MP+2MP tersemat di bagian belakang ponsel ini. Di bawahnya terdapat LED flash, sensor fingerprint dan logo Huawei.

Tombol volume up dan down serta power Huawei Nova 3i (Redaksi Selular.ID)

Sisi kanan Nova 3i, dijumpai tombol volume up dan down serta tombol power. Sementara di sisi kiri hanya terdapat slot SIM Card dan SDCard.

Sisi kanan Huawei Nova 3i

Sisi kiri Oppo F7

MicroUSB 2.0, sebuah speaker, jack audio 3,5mm, lubang mic terpatri di bagian bawah Huawei Nova 3i. Sementara di bagian atas hanya ditemui lubang mic.

Bagian bawah Huawei Nova 3i (Redaksi Selular.ID)

Sementara bagian depan Oppo F7 terdapat layar seluas 6,23 inci dengan desain notch di atasnya untuk tempat kamera selfie 25MP, speaker receiver, LED notification dan sensor proximity. Bagian belakang Oppo F7 dibubuhi kamera utama 16MP, LED Flash, sensor fingerprint serta logo Oppo.

Bagian depan Oppo F7 (Redaksi Selular.ID)

Bagian belakang Oppo F7

Sisi kanan Oppo F7 terdapat tombol power serta slot MicroSD dan SIM Card. Sisi kirinya ditemui tombol volume up dan down.

Sisi kanan Oppo F7

Sisi kiri Oppo F7

Port MicroUSB 2.0, sebuah speaker, lubang mic, jack audio 3,5mm tersemat di bagian bawah Oppo F7. Bagian atasnya, hanya terdapat sebuah lubang mic.

Bagian atas Oppo F7

Tombol power Oppo F7

Tombol volume up dan down Oppo F7

Tombol volume up dan down serta power Huawei Nova 3i (Redaksi Selular.ID)

Kamera Huawei Nova 3i

Kamera utama Huawei Nova 3i

Huawei Nova 3i mengusung 4 kamera sebagai fitur unggulan. Dua kamera utama beresolusi 16MP (color) dengan aperture F/2.2, PDAF dan 2 MP (color) dengan depth sensor dibubuhi di bagian belakang. Sementara dua lagi hadir di bagian depan beresolusi 24MP Fusion Pixel f/2.0 dan 2MP Fixed Focal Length disertai depth sensor.

Kamera depan Huawei Nova 3i

Baik kamera utama maupun kamera depan Huawei Nova 3i sudah didukung teknologi AI. Teknologi AI yang disematkan di kamera utama maupun selfie Huawei Nova 3i meliputi AI Scenery Recognition, AI Beauty Algorithm, HDR Pro, Low Light Solution, 3D Portrait Lighting dan AR Fun Selfies. Teknologi AI ini memungkinkan Huawei Nova 3i mengenali sejumlah objek secara akurat seperti manusia, tanaman, makanan, kendaraan, hewan dan lainnya. Selain objek, latar belakangnya pun mampu dikenali secara akurat.

Kamera utama Hauwei Nova 3i mampu mendeteksi hingga 22 kategori untuk lebih dari 500 skenario. Diperkuat algoritma AI yang didorong pengetahuan lebih dari 100 juta gambar, Huawei Nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen dan menyediakan hasil jepretan lebih optimal.

Sebelum menggunakan fitur AI Scenery Recognition di Huawei Nova 3i, Anda harus mengaktifkannya dulu di bagian atas menu kamera atau di menu setting kamera. Fitur AI Scenery Recognition bisa digunakan pada kamera utama maupun kamera selfie. Fitur inilah yang menentukan keakuratan pengambilan gambar.

Beragam mode dan filter disematkan pada kamera utama dan selfie Huawei Nova 3i. Untuk mode kameranya terdapat photo, portrait, Pro, HDR, Panorama, 3D Panorama dan Night mode. Mode kamera tersebut juga dapat digunakan pada kamera utama dan selfie Huawei Nova 3i.

Filter yang disajikan mencakup sentimental, impact, ND, Valencia, blue, halo, nostalgia dan down. Semua filter tersebut dapat digunakan di kamera belakang maupun depan.

Menu kamera Huawei Nova 3i berbeda dari pendahulunya, nova 2 lite dan nova 2i. Fitur AI Assisted Composition, memungkinkan ponsel ini mengambil gambar dengan stabil sehingga tidak miring.

Ketika kami mencoba mode photo kamera utama, hasilnya cukup akurat. Mode photo ini mampu membedakan setiap objek foto seperti tanaman, makanan, manusia serta latar belakang. Gambar yang dihasilkan cukup tajam dan detail.

Terlebih ketika pencahayaan cukup serta kondisi siang hari baik di dalam maupun luar ruangan. Warna yang dihasilkan pun memiliki kombinasi yang pas dan terlihat natural.

Ketika menggunakan fitur AI Scenery Recognition, Anda tidak bisa zoom gambar menggunakan mode photo. Anda harus menonaktifkan menu AI Scenery Recognition dulu untuk melakukan zoom melalui mode photo.

Ketika di-zoom hingga full hasilnya pecah dan banyak noise. Jika di-zoom tidak terlalu besar, hasilnya masih cukup baik. Sebaiknya jangan melakukan zoom full.

Ketika foto dalam kondisi minim cahaya, masih terlihat noise. Untuk mensiasati noise, Anda bisa menggunakan LED Flash atau night mode.

Anda dapat menggunakan efek bokeh pada mode portrait. Efek bokeh tersebut dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan di mode portrait. Efek bokeh yang dihasilkan cukup alami.

Anda juga dapat mengatur level beauty pada mode portrait untuk kamera utama maupun selfie. Mode portrait ini juga mengusung fitur 3D mengandalkan kecanggihan teknologi AI.

Menariknya, hadir fitur stage lightning pada mode 3D tersebut. Fitur ini mampu meng-crop objek gambar dan memisahkan dari latar belakang. Latar belakangnya secara otomatis diganti menjadi warna hitam.

Fitur stage lightning ini hanya bisa mendeteksi objek wajah manusia. Fitur ini juga mirip dengan fitur yang ada pada smartphone flagship Huawei P20 Pro.

Kecanggihan teknologi AI lainnya dapat dinikmati melalui fitur 3D Qmoji pada mode AR Lens. Tersaji pilihan karakter 3D Qmoji seperti bunglon, ikan, serigala, kucing, kelinci, robot, penguin dan apel. Anda bisa memilih background putih ataupun latar belakang asli untuk menggunakan 3D Qmoji.

Fitur 3D Qmoji ini mampu mempelajari dan meniru ekspresi wajah, gerakan dan suara Anda. Fitur ini hanya berfungsi pada kamera depan. Hasil akhirnya, Anda dapat menyimpan 3D Qmoji dalam format GIF atau video.

Untuk save format GIF 3D Qmoji, Anda bisa tap icon GIF di pojok kanan atas. Kemudian tap dan tahan untuk membuat AR Emoji dalam format GIF sambil memberikan ekspresi wajah Anda.

Mode AR Lens lainnya meliputi Effects, Backgrounds dan 3D Objects. Effects dan Backgrounds hanya bisa digunakan di kamera depan. Sedangkan 3D Objects hanya berlaku untuk kamera belakang.

Untuk kamera selfie, tidak jauh berbeda dengan kamera utama baik mode, filter dan tampilannya. Khusus kamera selfie, didukung fitur HDR Pro yang memberikan presisi seimbang ketika foto dan video bahkan saat di bawah sinar matahari.

Hasil selfienya cukup natural. Ketika menggunakan efek beauty, hasilnya masih terlihat alami tidak terlalu berlebihan karena didukung teknologi AI. Contohnya, ketika ada jerawat atau jenggot bagi pria, tidak dihilangkan namun hanya diperhalus saja.

Seperti kamera utama, Anda dapat mengatur level beauty. Efek bokeh ketika selfie pun masih terlihat natural.

Tak jauh berbeda dengan kamera utama, kamera selfie Huawei Nova 3i juga cukup tajam dan detail. Khususnya dalam pencahayaan cukup, hasil selfienya jauh lebih baik. Ketika di malam hari atau kondisi minim cahaya, Anda bisa mengandalkan LED Flash dan Night mode untuk hasil optimal.

Untuk video, ditunjang mode Slow-mo dan Time-lapse. Huawei Nova 3i bisa merekam video slow motion sampai dengan 16x pada 480fps dan 4x slow motion 120fps.

Tak hanya foto, kamera utama Huawei Nova 3i mampu mendeteksi objek seperti document dan QR Code berkat dukungan teknologi AI. Bagi Anda yang gemar shopping, fitur shopping pada kamera utama mampu diandalkan. Anda juga dapat scan QR Code. Cara menggunakannya, cukup tap ikon mata di pojok kiri atas.

Scan barcode AI Huawei Nova 3i

Scan dokumen menggunakan kamera utama Huawei Nova 3i

Selain itu Anda juga dapat scan dokumen menggunakan kamera utama Huawei Nova 3i. Akses more dan pilih document scan pada kamera utama Huawei Nova 3i untuk scan document. Hasil deteksi document-nya cukup akurat.

Kamera Oppo F7

Kamera utama Oppo F7

Tak seperti Huawei Nova 3i yang memiliki 4 kamera, Oppo F7 hanya punya 2 kamera. Satu kamera utama dan satu kamera selfie.

Kamera selfie Oppo F7

Kamera utamanya didukung resolusi 16MP, sementara kamera selfienya beresolusi 25MP.

Sama seperti Huawei Nova 3i, Oppo F7 juga disokong teknologi AI. Teknologi AI ini pada Oppo F7, cara kerjanya hampir sama dengan Huawei Nova 3i dalam mendeteksi objek foto.

Teknologi AI pada mode beauty membuat hasil foto kamera utama dan selfie terlihat lebih natural. Mode beauty berteknologi AI bisa digunakan pada kamera utama maupun selfie.

Dibandingkan Huawei Nova 3i, teknologi AI pada kamera utama dan selfie Oppo F7 belum optimal. Terutama dalam mengidentifikasi objek. Teknologi AI pada kamera utama Oppo F7 tidak mampu mengenali objek apakah itu manusia, hewan, tanaman, makanan, kendaraan dan lainnya.

Tampilan menu kamera utama dan selfie Oppo F7 lebih simpel daripada Huawei Nova 3i. Tersaji mode photo, sticker, pano dan expert yang dapat Anda pilih untuk mengambil foto menggunakan kamera utama.

Teknologi optical 2x zoom pada mode photo membuat Oppo F7 serasa seperti dual kamera yang digunakan ponsel pada umumnya. Anda dapat memperbesar objek hingga dua kali, namun hasilnya tidak pecah. Anda dapat memilih mode normal 1x atau 2x saat mengambil foto.

Saat foto menggunakan Oppo F7, hasilnya cukup tajam dan detail. Namun, komposisi warnanya kurang natural. Dalam kondisi pencahayaan cukup, hasil foto Oppo F7 lebih baik dibandingkan kondisi minim cahaya. Ketika foto di malam hari ataupun kondisi minim cahaya sebaiknya Anda mengandalkan bantuan LED Flash atau mengatur brightness.

Sokongan teknologi AI Beauty 2.0, mampu mempercantik hasil foto Anda, namun hasilnya tetap natural. Anda dapat mengatur sendiri tingkat beauty tersebut dari level 1 sampai 6.

Meski demikian, foto yang dihasilkan masih terbilang alami. Misalnya, ketika ada jerawat atau jenggot bagi pria, tidak dihilangkan namun hanya diperhalus saja.

Teknologi ini mampu memindai wajah hingga 296 titik. AI Beauty 2.0 menganalisa setiap kontur wajah baik pria maupun wanita. Tak hanya selfie saja, AI Beauty 2.0 mampu mendeteksi setiap wajah yang melakukan foto welfie tersebut.

 

Dalam kondisi minim cahaya, Anda dapat mengandalkan bantuan LED Flash pada kamera selfie Oppo F7. Terdapat mode panorama yang bisa Anda gunakan untuk sudut pandang gambar yang lebih luas. Sejumlah filter dapat Anda gunakan untuk mempercantik hasil foto selfie Anda.

Ada pilihan sticker menarik yang dapat Anda pilih. Tak hanya foto, Anda juga bisa mengambil video menggunakan kamera depan dengan mode video maupun time-lapse.

Layar dan UI

Huawei Nova 3i dibekali layar TFT LCD (IPS) berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ (2340 x 1080p). Aspek rasionya cukup besar yakni 19,5:9.

Warna yang dihasilkan layar Nova 3i adalah 16,7 juta warna dan ukuran saturasi warna (NTSC) nya mencapai 85%. Layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga tahan terhadap goresan benda tajam dan benda keras lainnya.

Sementara Oppo F7 dibubuhi layar berjenis LTPS IPS berukuran 6,23 inci dengan resolusi FHD+ (1080 x 2280p). Oppo F7 juga memiliki teknologi layar FHD+ seperti Huawei Nova 3i. Aspek rasio layarnya Oppo F7 lebih kecil dibandingkan Huawei Nova 3i yakni 19:9.

Warna yang dihasilkan layar Oppo F7 sama dengan Huawei Nova 3i yakni 16 juta. Seperti Huawei Nova 3i, Oppo F7 juga dilapisi Corning Gorilla Glass.

Tampilan antarmukanya, Huawei Nova 3i dibalut EMUI 8.2. Sementara Oppo F7 menggunakan tampilan antarmuka Color OS 5.0.

Tampilan Huawei Nova 3i

Tampilan home Oppo F7

Tampilan Huawei Nova 3i cukup simpel. Terdapat menu notification tray di atasnya yang memuat semua notifikasi pesan, jejaring sosial dan panggilan masuk. Anda dapat mengatur Wi-Fi, Bluetooth, Mobile Data, Vibration, Auto Rotate, Huawei Share, Airplane Mode, senter, Location Information, Screenshoot, Ride Mode dan menu setting.

Notification tray Huawei Nova 3i

Notification tray Oppo F7

Tampilan Oppo F7 juga simpel, tak jauh berbeda dengan Huawei Nova 3i. Notification Tray juga disisipi di bagian atas yang mencakup pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, Airplane Mode, senter, night mode, calculator, boost, Oppo Share, hotspot, location, power saving mode, clock, camera, start screen recording, portrait lock dan Google Now.

Display setting Huawei Nova 3i

Karena didukung teknologi AI, layar Huawei Nova 3i mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Misalnya, jika Anda berada di luar ruangan dengan kondisi terik matahari, maka layar secara otomatis menurunkan brightness. Begitupun dengan Oppo F7, melalui teknologi AI-nya bisa menurunkan brightness layar secara otomatis saat di bawah terik matahari.

Anda juga bisa mengatur brightness layar Huawei Nova 3i di notification tray maupun menu setting. Hal yang sama juga dapat Anda lakukan di Oppo F7.

Mode split screen juga bisa Anda aktifkan di Huawei Nova 3i dan Oppo F7. Cara mengaktifkan mode split screen di Huawei Nova 3i sangat mudah. Anda hanya perlu tap dan tahan menu recent.

Multi Screen Huawei Nova 3i

Split screen Oppo F7

Mode split screen Oppo F7

Untuk mengaktifkan mode split screen di Oppo F7, Anda hanya perlu menempelkan tiga jari dan tahan hingga muncul. Cara mengaktifkan kedua mode split screen ini dinilai cukup mudah, masing-masing punya cara tersendiri.

Layar Huawei Nova 3i cukup responsive dan cepat ketika mengkases semua aplikasi. Begitupun dengan layar Oppo F7.

Hardware dan performa

Bermain game dengan Huawei Nova 3i

Dapur pacunya, Nova 3i diperkuat chipset besutan Huawei sendiri yakni Kirin 710. CPU-nya menggunakan Octa-core dengan 4 core Cortex A73 yang melaju hingga 2,2 GHz serta 4 core Cortex A53 berkecepatan 1,7 GHz. Didukung pula GPU Mali-G51 MP4 untuk mengolah grafis.

Nova 3i juga didukung teknologi GPU Turbo berbasis AI yang mampu memberikan performa maksimal terutama saat bermain game. Selain performa optimal, teknologi GPU Turbo mampu membuat daya tahan baterai Nova 3i lebih hemat.

Jeroannya, Oppo F7 dibenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 618. CPU nya menggunakan ARM Cortex A53 Octa core dengan 8 inti core. GPU nya menggunakan Mali-G72 MP3.

Penyimpanannya, Huawei Nova 3i ditanamkan RAM 4GB, ROM 128GB serta memori eksternal hingga 256GB. Sedangkan Oppo F7 ditanamkan RAM 4GB, ROM 64GB serta memori eksternal berkapasitas 256GB.

Untuk uji performa duo ponsel ini, kami Redaksi Selular.ID melakukan sejumlah tes seperti tes benchmark, bermain game, menonton video dan film serta mendengarkan musik. Aplikasi Benchmark yang kami gunakan untuk tes kedua ponsel ini sama yakni AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench 4.

Skor AnTuTu Huawei Nova 3i

Peringkat AnTuTu Huawei Nova 3i

AnTuTu mencatat skor 13352 untuk Huawei Nova 3i dan menduduki peringkat ke 51. Saat tes AnTuTu, Huawei Nova 3i berhasil menjalaninya dengan baik.

Pada saat proses render tes AnTuTu 3D, lancar tidak ada lag sama sekali. Tentunya ini didukung kinerja maksimal dari prosesor dan teknologi GPU Turbo.

Skor AnTuTu Oppo F7

Peringkat AnTuTu Oppo F7

Masih di AnTuTu, Oppo F7 memang memiliki skor lebih tinggi yakni 13665. Peringkat Oppo F7 di AnTuTu sama dengan Huawei Nova 3i di posisi 51. Namun, ketika tes AnTuTu 3D, Oppo F7 mengalami sedikit lag.

Skor PC Mark Work Performance Huawei Nova 3i

Skor PC Mark Oppo F7

Tes PC Mark, kembali lagi Oppo F7 meraih skor lebih tinggi dibandingkan Huawei Nova 3i yakni 7816 dalam tes Work 2.0 performance. Sedangkan Huawei Nova 3i memperoleh skor 6376 untuk tes PC Mark Work 2.0 performance.

Untuk uji 3D Mark ada dua jenis tes yang dijalani yakni Ice Storm Unlimited dan Sling Shot. Saat menjalani tes 3D Mark, baik Huawei Nova 3i maupun Oppo F7 mengalami sedikit lag.

Ketika proses awal render 3D, Huawei Nova 3i cukup lancar. Tapi saat proses render tes akhir terjadi sedikit lag. Hasilnya, Huawei Nova 3i meraih skor 18523 untuk Ice Storm Unlimited dan Sling Shot 1336.

Skor 3D Mark Ice Storm Unlimited Huawei Nova 3i

Skor PC Mark Sling Shot Huawei Nova 3i

Dibandingkan Huawei Nova 3i, lag cukup parah terjadi pada Oppo F7. Sejak awal hingga akhir tes 3D Mark Oppo F7 mengalami lag. Hasilnya, Oppo F7 menorehkan skor 22789 untuk Ice Storm Unlimited dan 1691 untuk Sling Shot.

Skor 3D Mark Sling Shot Oppo F7

Skor 3D Mark Ice Storm Unlimited Oppo F7

Tes benchmark terakhir menggunakan Geekbench 4 dengan dua tahap yang meliputi Single-Core dan Multi-Core. Tercatat, Huawei Nova 3i meraih skor lebih tinggi untuk Single-Core dengan 1570. Sementara Oppo F7 mendapatkan skor lebih rendah untuk tes Single-Core yakni 1506.

Skor Geekbench Huawei Nova 3i

Skor Geekbench Multi-Core Huawei Nova 3i

Skor Geekbench Single-Core Huawei Nova 3i

Tes Multi-Core, Oppo F7 lebih tinggi dengan torehan skor 5719. Sementara Huawei Nova 3i memperoleh skor 5541 untuk tes Multi-Core.

Skor Geekbench Oppo F7 Single-core

Skor Geekbench Oppo F7

Skor Geekbench Oppo F7 Multi-core

Kami menginstal 6 game yang sama di Huawei Nova 3i dan Oppo F7 yang mencakup PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor (AOV), Asphalt 9: Legends, Dragon Ball Legends, PES 2018 dan Injustice 2. Untuk game PUBG, kami menggunakan setting tertinggi.

PUBG

Setting grafis PUBG di Huawei Nova 3i

Bermain game PUBG di Huawei Nova 3i

Setting Grafis PUBG di Oppo F7

Bermain game PUBG di Oppo F7

Terbukti berkat dukungan teknologi GPU turbo, Huawei 3i sanggup melibas habis game PUBG. Game lainnya yang tidak memiliki setting grafis tertinggi, pastinya disapu bersih oleh gawai terbaru Huawei ini.

Untuk gaming, Oppo F7 didukung fitur Game Acceleration. Fitur ini mampu memaksimalkan kinerja Oppo F7 ketika gaming. Sekilas fungsinya mirip teknologi GPU Turbo pada Huawei Nova 3i, namun Game Acceleration pada Oppo F7 hanya untuk gaming saja.

Game Acceleration Oppo F7

Game acceleration Oppo F7

Namun, hanya sedikit game yang mendukung fitur Game Acceleration seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Arena of Valor (AOV), Clash of Clans (COC), Temple Run 2, Candy Crush dan Naruto X Boruto Ninja Voltage.

Setting grafis Asphalt 9 di Huawei Nova 3i

Bermain game Asphalt 9

Setting Grafis Asphalt 9 di Oppo F7

Bermain Asphalt 9 di Huawei Nova 3i

Ketika bermain game PUBG dan AOV, jelas Oppo F7 bisa melewatinya berkat sokongan Game Acceleration. Akan tetapi, saat bermain game 4 game lainnya di Oppo F7 seperti Asphalt 9: Legends, Dragon Ball Legends, PES 2018 dan Injustice 2 hasilnya kurang maksimal.

Setting grafis Dragon Ball Legends

Dragon Ball Legends

Bermain game Dragon Ball Legends di Huawei Nova 3i

Bermain game Dragon Ball Legends di Oppo F7

PES 2018

Bermain game PES 2018 dengan Oppo F7

Bermain game PES 2018 dengan Oppo F7

Bermain game PES 2018 di Huawei Nova 3i

Kami juga bermain game bawaan Huawei Nova 3i seperti Spiderman Ultimated, Asphalt Nitro, Dragon Mania, Sonic Runners, Kingdoms, Puzzle Pets dan Lord Mobile. Ketujuh game bawaan Huawei Nova 3i ini memiliki grafis yang sederhana sehingga tidak terlalu menguras performa Nova 3i.

Bermain game bawaan Huawei Nova 3i Spiderman

Bermain game bawaan Huawei Nova 3i Sonic

Baik Huawei Nova 3i maupun Oppo F7 terasa hangat jika digunakan untuk gaming secara terus-menerus tanpa jeda.

Ketika mendengarkan musik, kualitas suara yang dihasilkan Huawei Nova 3i terasa lebih tajam dan bulat. Begitu pula ketika menonton video di YouTube kualitas suara yang dihasilkan sama.

Menonton video musik di YouTube dengan Oppo F7

Menonton video di YouTube dengan Oppo F7

Mendengarkan video musik di YouTube menggunakan Huawei Nova 3i

Mendengarkan video film di YouTube menggunakan Huawei Nova 3i

Kami juga melakukan tes audio di Oppo F7 dengan mendengarkan musik dan menonton video di YouTube. Hasilnya, kualitas suara yang dihasilkan Oppo F7 tidak bulat cenderung pecah, terutama dalam volume paling besar.

Baterai dan daya tahan

Sumber tenaganya, Huawei Nova 3i disokong baterai berkapasitas 3340 mAh. Sementara Oppo F7 memiliki kapasitas baterai lebih besar yakni 3400 mAh.

Meski kapasitas baterainya lebih kecil, Huawei Nova 3i cukup irit daya. Tentunya ini berkat dukungan teknologi GPU Turbo. Ketika tidak digunakan sama sekali dan dibiarkan standby, Huawei Nova 3i mampu bertahan hingga 48 jam atau kurang lebih 2 hari dalam kondisi full daya 100%.

Untuk pemakaian harian seperti telepon, sosial media, pesan instan, email dan lainnya, Nova 3i mampu bertahan hingga seharian penuh atau 24 jam. Ketika digunakan bermain game terus menerus, Huawei Nova 3i sanggup bertahan dalam waktu 7 hingga 8 jam. Gawai ini juga didukung fitur Battery Management berteknologi AI yang mampu menghemat konsumsi daya baterai.

Battery management Huawei Nova 3i

Untuk pengisian dayanya, Huawei Nova 3i cukup cepat hanya membutuhkan waktu 2,5 jam dalam kondisi low di bawah 15% hingga kondisi full 100%. Ketika di-charge di atas 15% membutuhkan waktu 1,5 jam hingga 2 jam sampai full.

Sementara Oppo F7 mengkonsumsi daya baterai yang lebih besar. Ketika digunakan untuk gaming terus menerus, Oppo F7 hanya bisa bertahan dalam waktu 5 sampai 6 jam. Untuk penggunaan harian standar seperti telepon, sosial media, pesan instan, email dan lainnya, Oppo F7 mampu bertahan hingga 20 jam. Ketika tidak digunakan sama sekali dan dibiarkan standby, Oppo F7 mampu bertahan hingga 36 jam dalam kondisi full daya 100%.

Proses isi dayanya, Oppo F7 membutuhkan waktu 3 jam dalam kondisi 15% hingga 100%. Jika diisi ulang di atas 15% hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam.

Skor PC Mark Work Battery Life Huawei Nova 3i

Skor PC Mark Battery Life Oppo F7

Kami juga menggunakan aplikasi PC Mark untuk uji daya tahan baterai melaui tes Work 2.0 Battery Life. Huawei Nova 3i berhasil bertahan hingga 12 jam 10 menit dalam tes PC Mark Work 2.0 Battery Life. Sedangkan Oppo F7 hanya bisa bertahan 9 jam 36 menit dalam tes PC Mark Work 2.0 Battery Life.

Software dan fitur

Sistem operasinya, Huawei Nova 3i berjalan dengan Android 8.0 Oreo. Demikian pula dengan Oppo F7 yang juga menggunakan OS Android 8.0 Oreo.

Android Oreo Huawei Nova 3i

Android Oreo Oppo F7

Huawei Nova 3i menyajikan beragam aplikasi bawaan. Apikasi bawaan dari Google seperti Play Store, Gmail, Google, YouTube, Maps, Drive, Photos, Duo, Play Movies & TV dan Play Music sudah pasti tersaji di semua ponsel Android seperti Huawei Nova 3i. Aplikasi lainnya seperti Facebook, Messenger, Netflix, ZCamera, Camera 360, Babe dan Lazada.

Tak ketinggalan aplikasi wajib Huawei seperti AppGalerry dan HiCare tersedia di Nova 3i. AppGallery merupakan aplikasi store Huawei yang memungkinkan Anda mendownload aplikasi menarik layaknya Play Store.

Huawei App Galery

Huawei HiCare

Hadir pula aplikasi game bawaan seperti Spiderman Ultimated, Asphalt Nitro, Dragon Mania, Sonic Runners, Kingdoms, Puzzle Pets dan Lord Mobile.

Sementara Oppo F7 tidak banyak menghadirkan aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan Google sudah pasti ada di Oppo F7.

Game bawaan Huawei Nova 3i

Untuk security, Huawei Nova 3i dibekali sensor fingerprint dan face unlock. Sensor fingerprint Huawei Nova 3i mampu membuka kunci ponsel dengan sangat cepat sekitar 0,2 detik. Begitupun face unlock nya mampu membuka ponsel dengan sangat cepat kurang lebih 0,2 detik.

Fingerprint Huawei Nova 3i

Sensor face unlock Huawei Nova 3i cukup akurat dalam mendeteksi wajah pemiliknya. Misalnya, ketika Anda mendaftarkan wajah Anda secara polos tidak menggunakan aksesoris. Sensor face unlock Huawei Nova 3i tetap bisa membuka ponsel ketika Anda mengenakan aksesoris seperti topi, kacamata dan lainnya.

Face unlock Huawei Nova 3i

Berbeda dengan Oppo F7, sensor face unlocknya tidak bisa mendeteksi wajah penggunanya ketika menggunakan aksesoris. Sebaiknya Anda melepas aksesoris ketika membuka Oppo F7 melalui sensor face unlock.

Fingerprint Oppo F7

Sensor face unlock Oppo F7 mampu membuka ponsel sekitar 0,5 detik sedikit lebih lambat dibandingkan Huawei Nova 3i. Sensor fingerprint-nya mampu membuka ponsel dalam waktu 0,5 detik.

Huawei Nova 3i mengusung serangkaian fitur unggulan seperti 4 kamera, teknologi AI, layar FHD+ dan teknologi GPU Turbo. Huawei Nova 3i juga ditunjang fitur ride mode yang memudahkan Anda mengoperasikan gawai ini saat berkendara.

Disisipi pula fitur health pada Huawei Nova 3i yang memungkinkan Anda mengecek kesehatan. Mulai dari mengukur kalori, mengukur langkah, mengukur waktu tidur, mengukur berat badan dan mengukur denyut jantung bisa Anda lakukan di fitur ini. Anda juga mengatur waktu Anda berolahraga melalui fitur ini seperti lari dan lainnya.

Huawei Nova 3i disisipi fitur pencarian cerdas berteknologi AI. Anda dapat mencari apapun melalui fitur pencarian cerdas ini, termasuk mencari gambar. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup masukkan kata kunci di dalam kolom pencarian. Sebelum menggunakannya, Anda harus mendaftar lebih dulu.

Smart assistant Huawei Nova 3i

Smart assistant Oppo F7

Sama seperti Huawei Nova 3i, Oppo F7 mengusung fitur pencarian cerdas yang juga ditunjang teknologi AI. Cara kerjanya hampir sama dengan Huawei Nova 3i.

Sementara Oppo F7 mengusung fitur andalan kamera selfie, layar FHD+, teknologi AI dan game acceleration.

Fitur lainnya Huawei Nova 3i dilengkapi sensor accelerometer, gyro, proximity dan compass. Begitupun Oppo F7 didukung sensor accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Teknologi AI

Huawei Nova 3i mengusung sejumlah teknologi AI seperti AI kamera, AI Scenery Recognition, AI Beauty Algorithm, HDR Pro, Low Light Solution, 3D Portrait Lighting, AR Fun Selfies, AI Selfie Master, AI 3D, AI 3D Emoji, AI Shopping, AI scanner, pencarian gambar dengan AI, AI Battery Management, teknologi AI pada layar, teknologi GPU Turbo berbasis AI, AI Noise Removal serta konektivitas stabil dengan AI. Untuk fungsi dari teknologi AI Hauwei Nova 3i tersebut sudah dijelaskan di atas.

Teknologi AI pada kamera memungkinkan Huawei Nova 3i mengenali sejumlah objek secara akurat seperti manusia, tanaman, makanan, kendaraan, hewan dan lainnya. Oppo juga memiliki teknologi AI pada kamera utama maupun selfie, namun belum secanggih Huawei Nova 3i.

Karena didukung teknologi AI, layar Huawei Nova 3i mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Teknologi AI pada layar Oppo F7 pun demikian, dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di sekitar.

Fitur Battery Management berteknologi AI memungkinkan Huawei Nova 3i menghemat konsumsi daya baterai. Battery Management juga hadir di Oppo F7 dengan fungsi yang sama.

Huawei Nova 3i juga memiliki teknologi AI yang dapat memberikan konektivitas stabil. Mode elevator dengan cepat memulihkan sinyal 4G dan secara mengoptimalkan kinerja jaringan ketika berada di dalam lift. Huawei GEO 1.5 menyediakan layanan yang lebih akurat dan meningkatkan kinerja bahkan di dalam terowongan.

Fitur AI Noise Removal memiliki kemampuan analitis dan menon-aktifkan suasana berisik yang didukung oleh AI. Tak hanya itu, panggilan volume rendah akan ditingkatkan dan panggilan berisik akan diubah menjadi percakapan yang jelas dan berkualitas tinggi. Serangkaian fitur AI ini tidak dimiliki Oppo F7.

Teknologi AI yang tidak dimiliki Huawei Nova 3i dan hanya dimiliki Oppo F7 adalah fitur Kids Space berbasis AI. Fitur Kids Space berbasis AI melindungi ponsel Anda dari jangkauan anak-anak. Kids Space memungkinkan Anda mengatur aplikasi apa saja yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan.

Konektivitas

Slot SIM Nova 3i

Soal konektivitas, Huawei Nova 3i dilengkapi jaringan 4G/3G/2G, Wi-Fi 802.11b/g/n, 2.4 GHz, Bluetooth 4.2, slot SIM Card dan SDCard serta sebuah port Micro USB dan USB 2.0. Sementara Oppo F7 disokong jaringan 4G/3G/2G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, sebuah slot microUSB 2.0, USB On-The-Go serta slot SIM Card dan SDCard.

Slot SIM Oppo F7

Huawei Nova 3i hanya memiliki sebuah slot SIM Card dan sebuah slot SD Card. Sedangkan Oppo F7 mempunyai dua buah slot SIM Card dan sebuah slot SD Card.

Untuk uji jaringan 4G LTE kedua ponsel ini, Redaksi Selular.ID menggunakan aplikasi Speed Test dari Ookla. Provider yang kami gunakan kali ini untuk Huawei Nova 3i dan Oppo F7 adalah XL.

Hasil Speedtest Huawei Nova 3i

Huawei Nova 3i melaju dengan kecepatan download 1.43 Mbps dan upload 2.98 Mbps. Hasil lainnya, Ping 15ms, Jitter 45ms dan tidak ada loss untuk Nova 3i.

Hasil Speed Test Oppo F7

Sementara Oppo F7 meraih hasil kecepatan download lebih rendah dari Nova 3i yakni 1.18 Mbps. Namun kecepatan upload-nya lebih tinggi mencapai 8.48 Mbps. Hasil lainnya, Oppo F7 mendapatkan Ping 31ms, Jitter 3ms dan loss 0.0%. Untuk uji jaringan ini, tentunya juga ditentukan oleh kestabilan jaringan provider yang digunakan dan wilayah tertentu.

Kami juga mencoba transfer data ke PC dan notebook dengan Huawei Nova 3i dan Oppo F7. Hasilnya, baik Huawei Nova 3i dan Oppo F7 cukup cepat dalam transfer data. Untuk transfer data melalui Bluetooth hasilnya pun sama cepatnya.

Kesimpulan

Dari segi desain, baik Huawei Nova 3i maupun Oppo F7 terlihat elegan dengan material aluminium berlapis kaca dibalut warna hitam. Soal desain, semua masalah selera masing-masing.

Huawei Nova 3i memang lebih besar karena memiliki layar lebih besar 6,3 inci. Sedangkan Oppo F7 mengusung body yang lebih kecil karena ukuran layar lebih kecil yakni 6,23 inci. Dari segi ukuran layar, memang tidak begitu jauh perbedaanya antara Huawei Nova 3i dan Oppo F7.

Ketika bermain game, menonton film dan video serta aktifitas lainnya, baik layar Huawei Nova 3i maupun Oppo F7 cukup nyaman. Kembali lagi soal selera, ada yang suka layar besar ada juga yang suka layar kecil.

Meskipun resolusinya berbeda, kamera utama maupun selfie mengusung teknologi AI sehingga menghasilkan kualitas foto yang tajam dan detail. Teknologi kamera AI pada kamera utama maupun selfie Huawei Nova 3i lebih baik dari Oppo F7.

Tampilan antarmukanya hampir sama antara Huawei Nova 3i dan Oppo F7. Keduanya sama-sama simpel.

Teknologi kamera AI Huawei Nova 3i mampu mengenali banyak objek seperti manusia, hewan, tanaman, makanan, kendaraan dan lainnya. Sedangkan teknologi AI kamera pada Oppo F7 belum maksimal. Secara keseluruhan, teknologi AI Huawei Nova 3i lebih optimal dibandingkan Oppo F7 dan lebih banyak variannya.

Komposisi warna hasil foto Huawei Nova 3i lebih natural. Mode dan filter kamera utama dan selfie Huawei Nova 3i lebih banyak.

Performanya, Oppo F7 memiliki skor lebih tinggi dibandingkan Huawei Nova 3i untuk tes benchmark seperti AnTuTu, PC Mark dan 3D Mark. Namun, ketika proses render tes 3D menggunakan AnTuTu 3D, Oppo F7 mengalami sedikit lag.

Untuk tes Geekbench 4, Huawei Nova 3i meraih skor lebih tinggi untuk Single-Core dengan 1570. Sementara Oppo F7 mendapatkan skor lebih rendah untuk tes Single-Core yakni 1506.

Sedangkan tes Multi-Core Geekbench 4, Oppo F7 lebih tinggi dengan torehan skor 5719. Sementara Huawei Nova 3i memperoleh skor 5541 untuk tes Multi-Core.

Ketika bermain game, Huawei Nova 3i sanggup melibas semua game. Sementara Oppo F7 mengalami sedikit kendala ketika bermain game yang tidak didukung fitur Game Acceleration.

Huawei Nova 3i memiliki aplikasi bawaan lebih banyak dibandingkan Oppo F7 seperti game dan aplikasi lainnya. Ketika uji jaringan, tergantung provider yang digunakan dan wilayah. Hasil uji jaringan, Huawei Nova 3i memiliki kecepatan download lebih tinggi dibandingkan Oppo F7. Sementara kecepatan upload Huawei Nova 3i lebih rendah dibandingkan Oppo F7.

Soal harga, Huawei Nova 3i dan Oppo F7 sama-sama dibanderol Rp4.199.000 ketika diluncurkan pertama kali.

MUST READ

Ini 4 Fitur Andalan Vivo V11 Pro

Jakarta, Selular.ID – Vivo secara resmi meluncurkan smartphone barunya ke Indonesia yakni Vivo V11 Pro. Sejauh ini Vivo dikenal dengan inovasi dan teknologi barunya. Vivo...

LATEST

Waspada Serangan Trojan Berkedok Software

Jakarta, Selular.ID - Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky Lab (GReAT) telah menemukan sejumlah infeksi Trojan tidak dikenal. Ada indikasi terkait dengan pelaku ancaman...

Percepat Pertumbuhan, OVO Tunjuk CTO Baru

Jakarta, Selular.ID - Dinilai memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya, OVO menunjuk Budi Kusmiantoro sebagai Chief Technology Officer (CTO). Penunjukan Budi juga...

LG Rilis Proyektor Portable CineBeam Untuk Profesional Muda

Jakarta,Selular.ID - LG Electeonics kembali menghadirkan proyektor varian terbaru dari jajaran CineBeam yakni seri PH30JG dan seri PF50KG. Menurut Ferdiansyah, Projector Product Marketing LG Electronics...

OPPO Find X Review: Kejutan Terindah

Jakarta, Selular.ID – Tahun ini Apple resmi mengumumkan iPhone XS, XR, dan XS Max. Kali pertama dalam sejarah, Apple mengusung fitur Dual SIM Card...

Jegal AirPods, Freebuds 2 Pro Tampakkan Diri

Jakarta, Selular.ID - Awal tahun 2018 ini, Huawei meluncurkan earphone bernama Freebuds Pro. Kini Huawei kembali menyiapkan earphone barunya yakni Freebuds 2 Pro. Dikutip dari...