Jakarta, Selular.ID – Apple menghapus aplikasi lotere ilegal di App Store China. Kebijakan ini dilakukan Apple demi memperketat peraturan dan menjawab kritik yang diarahkan kepada mereka.

Berkisar 25 ribu aplikasi dari App Storenya dihapus danĀ  Apple membenarkan kabar penghapusan aplikasi judi tersebut, namun, tidak menginformasikan jumlah yang sudah dihapus dan berapa lama kurun waktunya.

Apple menyebutkan, bahwa pihaknya menarik banyak aplikasi dan developernya karena mencoba mendistribusikan aplikasi perjudian ilegal di App Store dan Apple akan tetap waspada untuk terus mencari dan menghentikan kehadiran aplikasi semacam ini di App Store.

BACA JUGA:
Bulan Depan Apple Rilis Layanan Video Streaming

Dalam lapornya dikutib dari Ndtv, alasan Apple menarik aplikasi dari Apps Store dikarenakan aplikasi perjudian adalah ilegal dan tak diizinkan ada di App Store di China.

Apple setelah seringkali mendapat pemberitaan negatif di China, yang menuduh mereka kurang berusaha untuk memerangi aktivitas ilegal yang ada di jejaringnya.

Padahal, Apple sudah cukup sering mengikuti aturan pemerintah China, seperti menarik aplikasi VPN dan The New York Times dari App Store-nya di China.

BACA JUGA:
iPhone dan iPad Lama Nggak Bakal Kebagian iOS 13

Banyak perusahaan asal Amerika Serikat yang mengalah dan mengikuti aturan China demi bisa beroperasi di negara tersebut. Selain Apple, baru-baru ini Google juga mempunyai rencana kontroversial terhadap mesin pencarinya demi bisa beroperasi di China.

Rencana itu adalah mereka menawarkan layanan mesin pencari dan berita yang sudah disensor agar sesuai dengan aturan pemerintah China. Rencana ini memicu protes keras dari sejumlah karyawan Google.