Jakarta, Selular.ID – Qualcomm mengumumkan bahwa seri chipset mobile platform terbarunya akan menggunakan system-on-chip (SoC) yang dibangun di atas fabrikasi 7nm. SoC 7nm tersebut akan didukung oleh cip modem 5G Qualcomm Snapdragon X50.  Chipset ini merupakan yang pertama dengan dukungan teknologi 5G pertama untuk smartphone premium.

Qualcomm Technologies telah memulai proses pengiriman contoh (sample) dari mobile platform masa depan ini kepada para vendor smartphone. Chipset ini akan mengubah industri, mendukung model bisnis baru, dan meningkatkan pengalaman konsumen sejalan dengan langkah para operator dalam mengkomersialkan layanan 5G di akhir tahun 2018 maupun sepanjang tahun 2019.

BACA JUGA:
Qualcomm Snapdragon 8150 Bakal Rilis 4 Desember

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan para original equipment manufacturer (OEM), operator, vendor infrastruktur dan perusahaan teknologi di seluruh dunia. Saat ini, kami masih sesuai jadwal untuk membantu meluncurkan hotspot seluler 5G pertama di akhir tahun 2018 dan diikuti oleh ponsel pintar 5G yang menggunakan platform mendatang kami di kuartal pertama tahun 2019. Kepemimpinan dalam bidang riset dan keahlian teknis berkelanjutan dari Qualcomm Technologies memungkinkan peningkatan inovasi masa depan di berbagai sektor. Ini juga sejalan dengan implementasi 5G di seluruh belahan dunia,” tutur Cristiano Amon, Presiden dari Qualcomm Incorporated melalui keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:
Hong Kong Bakal Lelang Spektrum 5G Pada Pertengahan 2019

Mobile platform ini mengusung teknologi AI yang memungkinkan smartphone memiliki performa optimal dan daya tahan baterai lebih lama. Dijadwalkan, mobile platform ini diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2018.