Jakarta, Selular.ID – Sony memperkenalkan image sensor CMOS terbaru untuk smartphone. Sensor bernama IMX586 memiliki resolusi 48MP dan ukuran sensor 0,8 μm serta 1/2-type unit. Dalam keterangan resminya, Sony menjelaskan bahwa jumlah piksel yang meningkat akan menghasilkan foto berkualitas tinggi bahkan ketika perangkat menggunakan zoom digital.

IMX586 mengimplementasikan array Quad Bayer 2×2 pixel array seperti diberitakan GSMArena. Teknologi ini menghasilkan empat piksel melalui output setara dengan sensor 12MP dan piksel 1,6 μm.

BACA JUGA:
Siap Sambangi MWC 2019, Sony Xperia L3 Tampakan Diri

Untuk foto dan video di malam hari, hasilnya cukup baik meski minim cahaya. Noise yang dihasilkan tidak terlau banyak berkat dukungan teknologi low-noise. Pada siang hari atau kondisi cukup cahaya, grid akan kembali ke pemrosesan sinyal dengan menghasilkan resolusi foto 48 MP secara real time.

IMX586 merupakan penerus dari sensor 40MP yang disematkan pada Huawei P20 Pro. Sensor kamera P20 Pro juga disertakan teknologi Quad Bayer.

BACA JUGA:
Produsen Kamera Kumpul di Doss Vaganza

Dijadwalkan sensor Sony IMX586 akan meluncur di smartphone pada awal September 2018. Belum ada informasi mengenai smartphone yang mengadopsi sensor ini pertama kali.

Ponsel pertama dengan resolusi kamera 48 MP kemungkinan Sony Xperia XZ3. Kemungkinan Xperia XZ3 merupakan ponsel pertama yang mengadopsi sensor besutan Sony sendiri yakni IMX586. Sony Xperia XZ3 akan diperkenalkan pada gelaran IFA 2018 yang berlangsung di Jerman, 31 Agustus hingga 5 September 2018.